Wednesday, 13 November 2019

DPRD Tidak Setuju Wakil Bupati Bogor Perempuan

Selasa, 23 Desember 2014 — 15:22 WIB
Bupati Bogor, Nurhayanti

Bupati Bogor, Nurhayanti

BOGOR (Pos Kota) – Setelah diangkat menjadi pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor, Nurhayanti bakal  dilantik sebagai Bupati Definitif. Namun, sejumlah anggota DPRD Kabupaten Bogor keberatan jika kelak  Nurhayanti memilih wakilnya dari kaum perempuan.

Satu persatu partai politik yang mengusung Rahmat Yasin-Nurhanyanti pada Pilbup 8 September 2013 lalu keberatan dengan wacana dicalonkannya Ade Munawaroh sebagai pendamping Nurhayanti. Sebelumnya Ketua DPC PPP Kabuapten Bogor ini  mengaku dicalonkan oleh partainya sebagai kandidat pendamping  Nurhayanti.

”Meksi bupati definitif belum dilantik, namun partai sudah menugaskan saya untuk mendampingi Nurhayanti dalam memimpin Kabupaten Bogor dan saya sebagai kader siap mengemban tugas tersebut,” ujar Ade Munawaroh. Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor  ini  adalah adik perempuan Rahmat Yasin yang  kini telah divonis 5,5 tahun penjara oleh Pengadilan Tipikor Bandung atas kasus suap lahan.

Dicalonkannya Ade Munawaroh inilah memumculkan keberatan dari angota dewan. “Jika Wakil Bupati Bogor juga dari kaum hawa bakal  ada ketidakharmonisan. Apalagi masyarakat Kabupaten Bogor terkenal agamis. Bagaimana misalnya, wabup perempuan menghadiri Jumat Keliling (Jumling)  yang biasa dilakukan ke setiap masjid  menjelang Salat Jumat, kan risih?”ujar Ketua DPRD Kabupaten Bogor Ade Ruhendi, Selasa.

Reaksi senda dilontarkan Ketua DPC Gerindra Kabupaten Bogor Iwan Setiawan yang mengatakan, sosok Nurhayanti merupakan reprensetatifi kepemimpin yang mewakili kaum adam.”Nah, akan lebih representatif lagi jika wakil bupati sosok pria, sebab banyak agenda kerja di Kabuapten Bogor yang membutuhkan figur laki-laki,” katanya.

Plt Bupati Nurhayanti mengaku saat ini masih mencari calon wabup yang akan mendampinginya hingga 2018. Menurut Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) No 1 Tahun 2014, bupati definitif memiliki hak untuk mengajukan wakilnya sendiri. “Nanti juga ada prosesnya, belum bisa bbicara banyak soal balon cawabup, toh saya saja belum dilantik,” ucapnya.

Namun diakuinya, ada kriteria tertentu dan paling utama calon wbaup itu  memiliki kemampuan untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat. “Soal dari kaum pria atau perempuan, saya belum memikirkannya,” elaknya. (iwan)

Terbaru

Petugas memeriksa pengunjung Polres Jakarta Utara.
Rabu, 13/11/2019 — 16:14 WIB
Pengamanan di Polres Jakarta Utara Diperketat
Sejumlah kendaraan di pusat pemerintahan provinsi banten hancur tertimpa pohon saat kota serang dilanda hujan angin. (ist)
Rabu, 13/11/2019 — 15:46 WIB
Kota Serang Porak Poranda Diterjang Hujan Angin
Pelaku bom bunuh diri di Polrestabes Medan.(ist)
Rabu, 13/11/2019 — 15:33 WIB
Bom Polrestabes Medan
Polisi: Pelaku Lilitkan Bom di Pinggang