Monday, 21 October 2019

Di Jakbar Kerugian Akibat Kebakaran Rp40, 57 Miliar

Minggu, 28 Desember 2014 — 5:46 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

KEMBANGAN (Pos Kota) – Warga Jakarta Barat (Jakbar) diminta  meningkatkan kewaspadaannya terhadap ancaman musibah kebakaran. Mengingat kasus kebakaran selama 2014 cukup tinggi yaitu 226 kasus dengan menimbulkan kerugian mencapai Rp40,57 miliar.

“Kami minta agar masyarakat tetap mewaspadai musibah kebakaran, apalagi mengingat kasunya di Jakbar sangat tinggi,” tegas Walikota Jakarta Barat, HM Anas Effendi, kemarin.

Selain itu, agar warga berhati-hati dan memperhatikan instalasi listrik di rumahnya, yaitu harus sesuai dengan standar. “Tingkatkan kewaspadaan dan cek instalasi listrik di rumah, apakah sudah sesuai dengan standar atau belum,” ucapnya.

Sesuai dengan data Suku Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) Jakarta Barat, sejak Januari hingga awal Desember 2014 tercatat 226 kasus kebakaran dengan kerugian mencapai Rp 40,57 miliar serta empat  meninggal 23 luka-luka.

Jumlah bangunan tempat tinggal yang terbakar mencapai 101 dan sebanyak 439 kepala keluarga kehilangan tempat tinggal atau 1.773 jiwa. Penyebab kebakaran kompor 23 kasus, lampu dua  kasus, listrik 144 kasus, rokok dua  kasus dan lain-lain 48 kasus.

Berbagai upaya antisipasi telah dilakukan, diantaranya melalui peningkatan peran serta wanita dengan balakar, pembentukan dan latihan sistem ketahanan kebakaran lingkungan (SKKL), peningkatan kemampuan SKKL dan lain-lain. (tarta)