Monday, 21 October 2019

Menlu: Banyak Negara Tawarkan Bantuan Cari AirAsia

Selasa, 30 Desember 2014 — 15:00 WIB
Foto-Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

Foto-Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

JAKARTA (Pos Kota) – Musibah yang menimpa pesawat komersil AirAsia mengundang simpati berbagai negara. Bahkan, mereka menawarkan bantuan untuk melakukan pencarian pesawat tersebut.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (30/12), mengatakan banyak sekali perkembangan, komunikasi. “Kita banyak dihubungi banyak pihak, antara lain Inggris. Saya juga berbicara dengan Menlu Prancis,” tutur Retno.

Selain kedua negara itu, lanjut Retno, dirinya juga dihubungi pihak dari Amerika Serikat (AS), Menlu India, New Zealand. “Intinya negara-negara itu menawarkan kerjasama untuk bantuan pencarian pesawat AirAsia,” terang mantan Duta Besar Indonesia untuk Belanda.

Namun demikian, Retno menambahkan bantuan itu tidak semuanya diterima melainkan dicocokan dengan kepentingan pencarian pesawat. Misalnya ada tawaran yang sebenarnya kita punya‎.

Retno menambahkan pemerintah RI sangat berterimakasih atas bantuan negara sahabat. Dia juga menyampaikan, proses clearance kapal dan pesawat asing untuk membantu mencari di Indonesia juga diselesaikan dengan cepat.

“Rata-rata pemberian clearance itu dilakukan dalam waktu kurang dari 30 menit,” ujar Retno.

(johara/sir)