Wednesday, 13 November 2019

Pesawat AirAsia QZ-8501 Ditemukan, Wapres JK Apresiasi

Selasa, 30 Desember 2014 — 19:02 WIB
JK dan korban AirAsia-Reuters

JAKARTA – Kerja keras tim pencari dan penyelamat yang berhasil menemukan pesawat AirAsia QZ8501 dan jasad korban di perairan Selat Karimata, Selasa (30/12), menuai apresiasi dari Wakil Presiden HM Jusuf Kalla.

Melalui akun Twitter resminya, JK men-twit. “Kita mengapresiasi kerja keras dan kegigihan tim pencari AirAsia QZ8501 yang hari ini telah menemukan titik terang dari keberadaan QZ8501.”

Hilangnya pesawat AirAsia ini sempat menjadi pembicaraan dunia. Terbukti, tanda pagar #QZ8501, yang merupakan nomor penerbangan, menjadi topik paling banyak dibicarakan di Twitter.

Berdasarkan situs analisis lalu lintas kicauan Topsy.com, jumlah kicauan dengan tanda pagar ini mencapau lebih dari 50 ribu dalam satu jam terakhir.

Basarnas dan pihak terkait saat ini sedang melakukkan evakuasi para korban, barang, dan objek lain yang ditemukan di perairan Selat Karimata dengan kedalaman 25 sampai 30 meter.

Kepala Basarnas, F. Henry Bambang Soelistyo mengatakan, pihaknya juga menemukan benda terapung yang diduga pintu keluar darurat pesawat.

Soelistyo memerintah agar semua temuan dibawa ke Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, yang merupakan landasan terdekat dari lokasi temuan benda-benda maupun serpihan pesawat. (dms)