Friday, 13 December 2019

Bangunan Liar di Pondok Ungu Dibongkar Petugas Gabungan

Kamis, 1 Januari 2015 — 21:00 WIB
Bangli Pd Ungu

BEKASI (Pos Kota) – Puluhan bangunan liar di sisi Kali Pondok Ungu, dibongkar paksa petugas gabungan Pemkot Bekasi, Selasa (30/12).

Tim yang terdiri dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), TNI, dan Kepolisian, sempat mendapat perlawanan dari pemilik bangunan liar yang berada RT 007/06, Kelurahan Medansatria, Kecamatan Medansatria, Kota Bekasi.

“Sudah puluhan tahun kami tinggal di sini, baru sekarang diusik-usik,” ujar Ucok, 30, warga di sana.
Warga juga meminta pengertian walikota, agar memberi ganti rugi karena bangunannya dibongkar paksa, “Tak ada hati nurani sedikit pun dari walikota,” jelas Ucok.

Sementara itu Camat Medansatria, Tugimin menjelaskan pembongkaran dilakukan lantaran penghuni bangunan liar telah menempati tanah milik negara. Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi sudah memberikan kesempatan bagi mereka untuk tinggal bertahun-tahun.

“Hari ini ada 49 bangunan yang dibongkar, karena bangunan berada di tanah negara,” ujar Tugimin di lokasi. Tugimin menambahkan, nantinya di atas lahan tersebut akan dilakukan pelebaran jalan guna mengurai kemacetan di wilayah setempat.

Tugimin menambahkan, surat peringatan dan sosialisasi kepada warga yang menempati lahan milik Pemerintah Provinsi itu sudah dilakukan. Sehingga tidak ada warga yang bisa memprotes penggusuran ini.

“Kita sudah mensosialisasikan kepada pemilik bangunan mulai dari surat peringatan 1, 2, dan 3, penghuni bangunan diberi kesempatan untuk membongkar sendiri,” tandasnya.

Pantauan di lapangan, para pemilik bangunan akhirnya pasrah dan mengemasi barang-barangnya. Tak ada perlawanan dari warga kepada petugas yang membongkar. (Saban/d)