Saturday, 07 December 2019

Saatnya Mengubah Pola Pendidikan Anak

Senin, 5 Januari 2015 — 18:38 WIB
Mendidik Anak

DEPOK (Pos Kota) – Tahun 2015 merupakan momentum para orangtua mengubah pola asuh anak, sebagai bagian dari revolusi mental menghadapi era masyarakat ekonomi Asean (MEA).

Pola asuh anak dengan cara memaksakan kehendak orangtua berdampak negatif dan harus digantikan pendidikan berkarakter sesuai potensi perkembangan anak.

“Sistem pendidikan sudah waktunya disesuaikan dengan potensi perkembangan anak, baik secara psikologis maupun eksak, yang pada gilirannya membentuk pendidikan berkarakter anak,” ujar  Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Susanto saat dihubungi wartawan di Depok.

Dijelaskannya, sistem pendidikan serupa terutama terkait pendidikan berkarakter diharapkan mampu menangkal pemikiran radikalisme termasuk bidang keagamaan. “Untuk itulah, para orangtua harus selektif memilih guru agama,guru mengaji, guru privat dan guru les,” tuturnya.

Di bagian lain, komisioner warga Depok ini juga mengingatkan bahwa MEA bukanlah sesuatu yang harus dikhawatirkan melainkan justru dijadikan tantangan dan harapan bagi negeri ini.

Pasalnya, pasar global sudah tidak bisa dihindari tetapi seharusnya disikapi sebagai suatu interaksi global yang memperkaya wawasan masyarakat. “Di sinilah perlu kedewasaan sikap sekaligus menjadikan titik balik bangsa Indonesia untuk maju lebih baik lagi.” (rinaldi/d)