Sunday, 13 October 2019

Tempat Kotak Hitam

Ekor Pesawat AirAsia Ditemukan Menghujam ke Dasar Laut

Rabu, 7 Januari 2015 — 13:30 WIB
Foto-Suasanan pencarian Airasia.(reuters)

Foto-Suasanan pencarian Airasia.(reuters)

JAKARTA (Pos Kota) – Tim SAR gabungan telah menemukan ekor pesawat AirAsia QZ8501 di dasar laut, sektor prioritas tambahan II, Selat Karimata, Rabu (7/1/2015) sekitar pukul 10.30 WIB.

 

Hal ini dibenarkan oleh Kepala Badan SAR Nasional (Basarnas) Marsekal Muda TNI F Henry Bambang Soelistyo, di tempat terpisah.

“Bagian ekor sudah ditemukan dan sudah dikonfirmasi,” kata Marsekal Muda F Henry Bambang Soelistyo di Kantor Basarnas, Jakarta.

Ia mengatakan, penemuan ekor pesawat ditemukan di sektor prioritas tambahan kedua.Bukan di sektor prioritas satu.

Disebutkan, kapal MGS GeoSurvey yang berhasil melacak keberadaan bagian dari bodi pesawat itu. Temuan ekor itu awalnya lewat alat sonar, lalu diteruskan multi beam echo sounder dan kemudian dipastikan oleh visualisasi penyelam.
Sekitar pukul 05.00 WIB, tim GeoSurvey melaporkan adanya objek dengan dimensi panjang 10 meter, lebar 5 meter dan tinggi 3 meter. Objek ini didapat dari sonar. Selanjutnya, pukul 08.00 WIB, melalui alat multi beam echo sunder, objek itu kemudian diperjelas.

Secara visualisasi, benda itu nampak  berbentuk kubus dan posisinya menghujam ke dasar laut.
Menurut keterangan dari berbagai pihak, bagian ekor badan pesawat ini  terdapat kotam hitam (black box) yang menjadi bahan kajian pihak penyelidikan. Namun demikian, tim SAR gabungan terus berupaya untuk mengevakuasi bagian ekor pesawat. Diharap juga sekaligus ditemukan kotak hitam untuk mengungkap misteri kecelakaan ini.

(*/sir)