Wednesday, 13 November 2019

Lakukan Olah TKP di Kebun Raya

Pohon Rubuh Tewaskan Lima Orang Diusut Polisi

Senin, 12 Januari 2015 — 20:28 WIB
Garis polisi dipasang di lokasi pohon tumbang di Kebun Raya Bogor

Garis polisi dipasang di lokasi pohon tumbang di Kebun Raya Bogor

BOGOR (Pos Kota) – Tumbangnya pohon Agathis berusia  50 tahun di Kebon Raya Bogor (KRB) yang menewaskan lima orang dan puluhan luka berat dan ringan, kini dalam penyelidikan Polres Bogor Kota.

Anggota Reskrim melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) .Polisi belum menyimpulkan penyebab terjadinya musibah nahas ini yang terjadi Minggu (11/1) pukul 10.00.

Kapolres Bogor Kota, AKBP Irsan mengatakan, pihaknya masih menelusuri kronologis tumbangnya pohon berusia tua ini. Ia mengaku, saat kejadian , cuaca Kota Bogor cukup baik.

Kapolres menambahkan, hingga Senin (12/1) , sudah dua orang diperiksa. “Satu saksi dari rombongan PT Asalta  dan satu dari pihak Kebun Raya Bogor (KRB). ‎Kita nanti akan melakukan pemeriksaan intensif terhadap pihak KRB yang sehari-hari mengurus pohon tersebut,”kata AKBP Irsan dilokasi  Senin (12/1) sore.

“Kita masih menyelidiki bagaimana standar operasional dari maintenance atau perawatan pohon yang tumbang ini,”‎paparnya.

Penyidik juga akan meminta pendapat dari ahli yakni dari Fakultas Kehutanan IPB terkait dengan pendeteksian terhadap kesehatan pohon tersebut.

Polres Bogor Kota diakui AKBP Irsan, akan melayangkan surat ke pengelola KRB untuk menginstruksikan pohon-pohon yang rawan tumbang agar distatus quo terlebih dahulu.

“Jadi  KRB sementara ditutup untuk pengunjung agar peristiwa serupa tidak terjadi kembali,”kata orang nomor satu di jajaran Kepolisian Kota Bogor ini. (yopi)