Sunday, 08 December 2019

Kemenkop dan UKM Kaji Peluang Ekspor ke Timor Leste dan Australia

Jumat, 16 Januari 2015 — 10:12 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (UKM) akan mengkaji kembali produk UKM yang memiliki peluang ekspor sangat besar ke Timor Leste dan Australia.

“Kami akan terus dorong agar volume ekspor produk UKM ke Timor Leste meningkat,’’ kata Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga, usai bertemu delegasi Timor Leste di Jakarta.

Kedatangan delegasi Timor Leste dipimpin mantan Menteri Ekonomi dan Pembangunan, Joao Mendes Goncalves, ke Indonesia untuk mengaktifkan kembali rencana kerja sama trilateral Timor Leste, Indonesia, dan Australia.

Menteri mengaku peluang ekspor produk UKM ke Timor Leste dan Australia memang sangat menjanjikan.

Namun demikian, pihaknya mengaku harus dikaji kembali, karena kebutuhan ekspor kedua negara tersebut sangat berbeda.

“Produk apa saja untuk Australia dan produk apa yang dibutuhkan Timor Leste.

Selama ini, Puspayoga melihat produk yang memiliki peluang pasar di Timor Leste yakni fashion, handicraft (barang kerajinan tangan).

Sementara itu, Goncalves yang menjabat sebagai Kepala Unit Misi Trilateral Timor Leste menjelaskan kerjasama ini baru tahap awal dan melibatkan pebisnis dan sektor swasta.

“Kami melihat kerja sama ekonomi yang dapat menjadi prioritas, seperti pertanian, industri, pariwisata, energi, kesehatan, pendidikan dan pelatihan serta kebudayaan,” katanya.
(setiawan/sir)