Sunday, 17 November 2019

Zaenal Abidin Domba Telah Tiada

Senin, 26 Januari 2015 — 20:04 WIB
Zaenal Abidin Domba-700

DEPOK – Panggung teater, film dan sinetron kehilangan seorang aktor penting. Zainal Abidin Domba menghembuskan napas terakhir pada Senin (26/1), di RS. Sentra Medika Cisalak – Jl. Raya Bogor Km. 33, Cisalak – Depok akibat sakit kanker usus tyang telah lama diidapnya .

Di dunia maya, kabar meninggalnya aktor kawakan ini disebarkan oleh Sys NS, dengan menyatakan, almarhum meninggal Senin petang.

“Mohon doanya, insyaAllah Husnul Khotimah. Aamiin. Berita selanjutnya menyusul,” bunyi BBM yang diterima media, Senin (26/1), yang kemudian tersebar di Facebook dan media sosial lainnya .

Terjun ke dunia seni peran sejak 1975, Zaenal Abidin Domba lama dikenal sebagai aktor panggung di berbagai gelanggang remaja dan TIM. Dia anggota Teater Sae dan Teater Ketjil pimpinan Arifin C Noer. Namanya melesar setelah main film atas arahan almarhum Teguh Karya, kemudian terjun ke sinetron, antara lain Kipas Kipas Asmara bersama Inneke Koesherawati, dan bersama Ayu Azhari dalam serial komedi Putri Duyung

Zainal lahir di Pekalongan, 15 April 1957.  Ia adalah seorang aktor yang pernah memenangkan penghargaan Aktor Terbaik dalam Festival Teater Remaja Jakatra pada tahun 1982 dan 1983.

Sebelum menghembuskan nafas terakhirnya, Zainal telah lama mengidap kanker usus stadium empat.

Sejumlah film telah dibintangi Zainal di antaranya, Secangkir Kopi Pahit (Teguh Karya tahun 1984), Olga Sepatu Roda (2002) , serta sinetron  seri Kipas-Kipas Asmara pada bersama Inneke Koesherawaty (1996) dan Putri Duyung bersama Ayu Azhari.

KANKER USUS

Kerabat almarhum, Slamet, menyatakan, Zainal menghembuskan nafas terakhir pada usia 57 tahun, Senin sore pukul 16:45 WIB. Almarhum lama mengidap kanker ganas pada usus.

“Dia mendadak sakit langsung kita bawa ke RS. Sentra Medika Cisalak,” kata Slamet . Ditambahkan, pada Mei 2014 lalu, Zainal juga sempat dilarikan ke RS Dharmais untuk menjalani operasi penyakitnya. –dms