Wednesday, 11 December 2019

Di Jakksel

Pemukiman Padat Penduduk Dapat Sepeda Pemadam Kebakaran

Kamis, 5 Februari 2015 — 10:22 WIB

CILANDAK (Pos Kota) – Mengantisipasi kebakaran di permukiman padat penduduk, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Selatan mendapat 29 sepeda pemadam kebakaran.

“Sepeda pemadam kebakaran tidak dibagikan merata ke 10 kecamatan karena diprioritaskan untuk kecamatan dengan kawasan padat penduduk dan rawan kebakaran,” kata Kasudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jaksel, Irwan, Rabu (4/2).

Dari 65 kelurahan di Jaksel, Kelurahan Bukit Duri dan Manggarai merupakan kawasan padat hunian yang kumuh dan paling rawan kebakaran. Jika aparat terkait lengah, api dalam sekejap melumat kedua kawasan tersebut.

Irwan menjelaskan prioritas pendistribusian sepeda pemadam harus dilakukan karena jumlahnya terbatas serta mengingat beberapa kecamatan di Jaksel berdekatan dengan pos pemadam. Khusus kecamatan rawan kebakaran akan mendapatkan hingga 4 sepeda pemadam.

Setiap unit sepeda dilengkapi mesin pompa yang berfungsi mengalirkan air. Serta gerobak dengan dua tong besar untuk mengangkut air.

“Sepeda pemadam ini berguna pada penanganan awal saat terjadi kebakaran terjadi. Khususnya manakala mobil pemadam dan petugas belum tiba di lokasi,” ujarnya.

Pihaknya akan memberdayakan warga untuk menggunakan sepeda pemadam melalui sosialisasi dan pelatihan.

(rachmi/sir)