Sunday, 17 November 2019

Kembang Api Sambut Imlek Perburuk Polusi di Kota Beijing

Selasa, 17 Februari 2015 — 19:28 WIB
Beijing celebrate Chinese New-Year-2012.-Reuters

BEIJING – Penduduk Beijing diminta untuk mengurangi menyalakan kembang api selama tiga hari pertama perayaan Tahun Baru Imlek, setelah otoritas pemantauan lingkungan ibukota memperingatkan polusi udara yang parah pada paruh pertama liburan selama seminggu, sebagai akibatnya.

Dengan meningkatnya kelembaban dan angin lemah perkiraan untuk besok, di Malam Tahun Baru Imlek, pihak berwenang di Beijing mengkhawatirkan, pertunjukan kembang api secara signifikan akan memperburuk polusi jika lampu publik terlalu banyak.

“Polutan bisa tinggal di udara untuk jangka waktu yang agak lama, karena kondisi cuaca akan menguntungkan bagi mereka untuk membubarkan,” Pusat Pengawasan Pemantauan Lingkungan Kota Beijing, kemarin.

Polusi udara bisa tetap berat sampai Minggu malam, ketika angin kencang diperkirakan akan kembali ke Beijing dan menerbangkan polutan, kata pusat pemantauan. Demikian South China Morning Post memberitakan.

Locals burn incense to pray for good fortune on the first day of the Chinese Lunar New Year at Yonghegong Lama Temple in Beijing

Hal ini tradisional untuk banyak orang Tiongkok untuk menyalakan kembang api di tengah malam untuk merayakan datangnya Tahun Baru Imlek.

Polutan udara kecil  tingkat PM2.5, yang dapat masuk ke dalam paru-paru manusia, mencapai 900 mikrogram per meter kubik, menggayut di udara sebelah timur Beijing pada Malam Tahun Baru Imlek tahun lalu. Angka itu, lebih dari 30 kali batas aman yang direkomendasikan oleh Organisasi Kesehatan Dunia.

Permintaan kembang api di pengecer di kota Beijing turun 20 persen tahun ini setelah pemerintah kota memutuskan untuk memotong periode penjualan dari 20 hari menjadi 11 hari dan mengurangi gerai ritel karena kekhawatiran polusi, kantor berita Xinhua melaporkan.

Pihak berwenang menyetujui 942 gerai ritel kembang api tahun ini, turun lebih dari 100 tahun lalu. Penjualan ramah lingkungan kembang api – sama dengan yang digunakan pada pertemuan forum Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik Beijing – juga meningkat, menurut Xinhua.

Beijing melewatkan target pengurangan polusi kunci tahun lalu untuk memotong konsentrasi PM2.5 tahunan sebesar 5 persen, dan bertekad mengupayakan lebih ketat dengan dukungan fiskal untuk mengekang polusi udara pada tahun ini. SCMP/d

Terbaru

Benny K Harman. (rizal)
Minggu, 17/11/2019 — 23:58 WIB
Demokrat Tolak Amandemen UUD 1945
Lutfi JW. (mia)
Minggu, 17/11/2019 — 22:00 WIB
Bersama Roy Kiyoshi
Ruben Onsu Disarankan Undang Penuduh Pesugihan Makan Siang Bersama