Sunday, 15 December 2019

Ratusan Penumpang Lion Terlantar di Bandara Soekarno-Hatta

Kamis, 19 Februari 2015 — 17:27 WIB
Ilustrasi

Ilustrasi

TANGERANG (Pos Kota)-Ratusan penumpang Lion Air di Terminal 1B Bandara Internasional Soekarno Hatta terlunta lunta akibat pesawat yang akan ditumpanginya tak kunjung datang, Kamis(19/2).

Diantaranya calon penumpang memilih menginap di hotel. Salah seorang penumpang Hasanah, 40. Dia dan keluarganya seharusnya terbang ke Jambi pukul 16.00 WIB pada Rabu (18/2). Namun hingga Kamis (19/2) pukul 10.00 pagi, tidak ada tanda-tanda dia dan keluarga akan diberangkatkan dengan nomor penerbangan pesawat yang dipegangnya.‬‪

“Saya dan keluarga seharusnya berangkat jam 4 sore kemarin dengan tujuan ke Jambi. Tapi sampai sekarang tdak juga diberangkatkan,” tutur Hasana kesal.

‬‪Pihaknya sempat dijanjikan  berangkat pukul 17.15 WIB atau molor satu jam 15 menit, namun hingga malam harinya tak ada lagi kejelasan. Bahkan tak ada satu pun petugas yang bisa dimintai keterangan pada malam harinya.
‬‪
Akhirnya pada malam hari itu Hasanah berniat membatalkan penerbangan dan menggantinya dengan pesawat lain pun tak juga dilayani.‬‪Hingga akhirnya, Hasanah dan keluarganya memilih untuk bermalam di sebuah hotel dekat dengan bandara. Dan kembali ke Terminal 1 untuk berusaha mengecek keadaan terakhir. “Kami masih menunggu,”singkatnya.

‬‪Akibat delay tersebut, dia mengaku gagal menikmati malam perayaan Imlek di kampung halaman. Padahal hal tersebut sudah dia rencanakan jauh-jauh hari bersama sanak keluarga. “Enggak bisalah, padahal sudah direncanakan dari tahun lalu bakal balik lagi ke Jambi,” katanya.‬‪

Kepala Bagian Humas Angkasa Pura II Achmad Syahrir mengatakan, jumlah total penerbangan Lion Air yang delay ada delapan penerbangan. Pada Rabu (18/2) malam ada lima penerbangan dengan tujuan Pekan Baru, Palembang, Medan. Namun sudah diberangkatkan Kamis (19/2) pagi.‬‪”Sedangkan yang delay hari ini ada tiga penerbangan dengan rute Surabaya dan Ternate,” katanya.‬‪

Manager Humas dan Protokorer PT Angkasa Pura II Yudis Tiawan mengatakan, pihaknya sendiri mengaku belum mengetahui penyebab delaynya pesawat Lion Air di Terminal 1. Namun pihaknya meminta Lion Air untuk memenuhi hak penumpang.‬‪”Masih kita cari tahu penyebabnya, kota tidak bisa mengkonfirmaai pihak Lion Air,” katanya, Kamis (19/2).‬‪

Akibat delay ini, kata Yudis, terjadi penumpukan penumpang di ruang boarding Terminal 1A, B dan C, karena penumpang Lion bertemu dengan penumpang maskapai lain.‬‪ “Kondisi ruang boarding memang sedang padat. Jadi kita minta pihak maskapai memberangkatkan penumpang yang paling mungkin,” jelasnya.

‬‪Terhadap penumpang yang terlantar, AP II sudah memberikan bantuan berupa makanan ringan dan minuman. Pihaknya juga meminta Lion Air agar memenuhi hak-hak penumpang.‬‪”Saat seperti ini, mana yang jadi kewenangan bandara dan maskapai sudah diatur dalam undang-undang,” katanya.(Maryoto)

  • ronny

    Lion oh lion… emang dah saat nya engkau gulung tikar saja…