Friday, 18 October 2019

Setujui Kawin Kontrak, Menag Diprotes Kaum Wanita

Jumat, 13 Maret 2015 — 15:48 WIB
Foto-Kaum wanita yang protes Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin karena dituding menyetujui pernikahan mut'ah (kawin kontrak). (Johara)

Foto-Kaum wanita yang protes Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin karena dituding menyetujui pernikahan mut'ah (kawin kontrak). (Johara)

JAKARTA (Pos Kota) – Dituding menyetujui pernikahan mut’ah (kawin kontrak), kaum wanita melakukan protes terhadap Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Mereka naik ke lantai II, Kantor Kementerian Agama, Jumat (13/3/2014) sore,  untuk bisa bertemu Lukman.

Upaya mereka untuk bertemu Lukman dicegah Satpam dengan alasan sedang ada rapat, dan tidak ada jadwal bertemu mereka. Mereka sudah naik ke lantai II Kantor Kemenag, tempat ruangan Lukman.

“Kami ingin bertemu Pak Lukman untuk meminta klarifikasi karena pernyataannya yang menyetujui pernikahan mut’ah,” tutur Rita Soebagio, Sekretaris Umum Kajian Muslimah Untuk Kemaslahatan Islam.

Dalam aksinya itu, para wanita itu membentangkan berbagai poster di antaranya bertulisan “Pak memteri apakah pernikahan mut’ah memuliakan kaum perempuan”.

Menurut Rita, Lukman menulis kata pengantar dalam buku “Syiah Menurut Syiah”. “Kami semakin merasa kecewa dengan Pak Lukman karena dalam buku tersebut jelas dan tegas membolehkan nikah mut’ah,” tutur Rita dalam pernyataannya.

“Padahal fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengharamkan pernikahan mut’ah. Artinya, Pak Lukman tidak memperhatikan fatwa MUI. Praktek mut’ah itu akan merusak rumah tangga,” terang Rita.

Sebab itu, lanjut Rita, berharap Lukman di lain kesempatan bisa menerima kami. “Kami hanya ingin minta klarifikasi, dan sikap beliau atas nikah mut’ah,” Rita menambahkan.

[johara/sir])