Monday, 21 October 2019

Warga Kuras Saluran Penghubung Penuh Lumpur

Minggu, 22 Maret 2015 — 14:08 WIB
Foto: Lurah Jelambar, Hanny Wahyuni saat memonitor pengurasan saluran PHB Jalan Penerangan oleh warga. (Tarta)

Foto: Lurah Jelambar, Hanny Wahyuni saat memonitor pengurasan saluran PHB Jalan Penerangan oleh warga. (Tarta)

GROGOL PETAMBURAN (Pos Kota) – Wilayah RW 03 Kelurahan Jelambar, Grogol Petamburan, Jakarta Barat (Jakbar) selama ini selalu menjadi langganan banjir. Kondisi ini salah satunya akibat saluran penghubung (PHB) di Jalan Penerangan tidak berfungsi optimal karena dipenuhi endapan lumpur.

Mengatasi kondisi tersebut, warga bersama aparat kelurahan menggelar aksi bersih saluran dengan menguras endapan lumpur yang memenuhi saluran PHB sepanjang sekitar 100 meter, Minggu (22/3).

Warga sangat antusias untuk menguras saluran yang langsung dimonitor Lurah Jelambar, Hanny Wahyuni. Warga berharap pengurasan saluran dapat meminimalisir genangan.

“Kami sangat senang, adanya pengurasan endapan lumpur ini, dapat mengatasi genangan di pemukiman warga,” kata Wawan, warga RW 03.

Hanny Wahyuni, Lurah Jelambar menambahkan saluran PHB Jl Penerangan menghubungan wilayah Kelurahan Wijaya Kusuma dengan Jelambar. Setiap hujan deras selalu tergenang karena adanya endapan lumpur. “Kalau di Wijaya Kusuma banjir, disini sudah pasti banjir karena air dari sana alirannya ke sini,” katanya.

Dikatakan, pengurasan saluran oleh warga ini sebagai upaya penanganan sementara, diharapkan ditindak lanjuti dari Sudin PU Tata Air. “Kami sudah melaporkan kondisi ini ke Sudin PU Tata Air, diharapkan secepatnya bisa ditangani,” ujar Hanny.
(tarta/sir).