Sunday, 15 December 2019

Ngomong Kasar, Anak Kecil Juga Tahu?

Jumat, 27 Maret 2015 — 6:01 WIB
DK 27 Maret

KATA-KATA kotor sepanjang minggu ini sedang naik daun, di tempat tinggal Bang Jalil. Sebagai ketua RT di lingkungan, dia dibikin repot oleh pertikaian warganya yang  mengeluarkan ucapan yang menyebut hampir semua hewan yang ada di hutan.

“Saudara jangan bicara kotor kaya gitu sama saya, ya!?”

“Ente yang ngomong kotor dan kasar!”

“Sudah-sudah, nggak ada artinya berdebat pakai kata-kata kotor dan kasar!” Bang Jalil  mencoba menengahi kedua warganya yang lagi saling adu urat.

Tapi, nasihat tinggal nasihat. Kedua warga tersebut malah menjadi-jadi, saling melontarkan ucapan sumpah serapah yang kurang enak didengar telinga. Padahal kalau mereka sadar, seharusnya malu pada tetangga lain yang mau nggak mau menonton pertengkaran tersebut.

Apalagi di situ banyak juga anak-anak.

Nah, ini terbukti  ketika seorang anak yang dengan lancarnya menyerang adiknya di rumah dengan  perbendaharaan ‘kata-kata kasar’ . Tentu saja membuat sang ibu kalang kabut. “ Kamu dapat dari mana kata-kata begitu?” tanya sang ibu pada anaknya yang baru duduk di bangku SD. “ Itu Kata-kata kasar, jorok dan kotor. Nggak pantas untuk diucapkan,” ujar sang ibu, hati-hati.

“ Tapi, tetangga sebelah yang sudah tua-tua pada ngomong begitu, masa aku yang kecil nggak boleh, Bu?” jawab si anak.

“Nggak. Nggak boleh. Dilarang!” kata sang ibu, suaranya agak tinggi.

“Kalau yang ngomong kasar pejabat, nggak dilarang,  ya Bu?” ujar si anak lagi.

Sang ibu diam seribu basa. Dia baru sadar kalau pengetahuan anak-anak sekarang luar biasa. Dia sudah bisa membuka  internet, dan membaca apa saja di situ, termasuk berita. Itu tuh, berita para pejabat yang saling memaki dengan  kata-kata kotor dan kasar!  – massoes

Terbaru

Menteri Kelautan dan perikanan menyerahkan penghargaan pada  para pemenang kegiatan Hari Ikan Nasional ke-6 tahun 2019.(ist)
Minggu, 15/12/2019 — 11:33 WIB
Lewat Kampanye Gemar Makan Ikan
Menteri KKP Ajak Ibu-Ibu PKK Berperan dalam Pemberantasan Stunting
Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto didampingi PPS Deputi Direktur Bidang HUmas dan Antar Lembaga M. Erfan.(tri)
Minggu, 15/12/2019 — 10:55 WIB
Disalurkan Melalui Baznas
Dana Registrasi Relay Marathon BPJAMSOSTEK untuk Melindungi Pekerja Rentan