Sunday, 17 November 2019

Kualifikasi Piala Eropa

Tekuk Serbia 0-2, Portugal Kokoh di Puncak Klasemen

Senin, 30 Maret 2015 — 7:46 WIB
Ricardo Carvalho bersama pemain Portugal merayakan gol ke gawang Serbia dalam kualifikasi Piala Eropa (reuters)

Ricardo Carvalho bersama pemain Portugal merayakan gol ke gawang Serbia dalam kualifikasi Piala Eropa (reuters)

LISBON- Berhasil mengalahkan Serbia 0-2, Portugal kini memuncaki grup I kualifikasi Piala Eropa dalam laga yang digelar di Estádio do Sport Lisboa e Benfica (da Luz), Lisboa, Senin (30/3) dinihari WIB.

Adapun gol untuk Portugal diciptakan Ricardo Carvalho pada menit ke -10 dan Fábio Coentrão pada menit ke-63. Sedangkan gol balasan Serbia diciptakan N.Matic pada menit ke-61.

Dengan hasil ini, setelah melakoni empat kali laga, Portugal mengantongi 9 poin menyusul Denmark dengan 7 poin, Albania, 7 poin, Serbia 1 poin dan Armenia 1 poin. Sejauh ini Ronaldo dan kawan-kawan sudah menang 3 kali dan kalah 1 kali.

Babak pertama, Portugal yang jadi tuan rumah tampak menguasai pertandingan. Menit awal saja, Nani sudah nyaris membuat Portugal unggul. Beruntung sepakan Nani berhasil dihalau Matija Nastasic sehingga gawang Serbia selamat.

Namun, akhirnya Serbia takluk juga. Portugal pada menit ke-10 sudah unggul lewat Ricardo Carvalho. Mantan bek Real Madrid itu menyambut umpan silang cantik Fabio Coentrao, lalu mengarahkan tepat ke sudut gawang Stojkovic. Tuan rumah unggul satu gol.

Sayang tak lama kemudian  Carvalho harus ditarik keluar lantaran mengalami cedera hamstring. Jose Fonte, bek Southampton, masuk menggantikannya.

Portugal melanjutkan dominasi mereka lewat serangan demi serangan, tapi keunggulan satu angka tak berubah hingga jeda turun minum.

Memasuki babak kedua, Serbia berusaha tampil trengginas . Ini tampak pada 10 menit babak kedua. Berkat kerja sama  antara Aleksandar Kolarov dan Mitrovic cukup merepotkan Bruno Alves di pertahanan Portugal.

Terus berusaha menyamakan kedudukan, akhirnya Serbia mampu mencetak gol. Memasuki menit 61 Nemanja Matic melakukan aksi salto dari sudut sempit dan bola sepakannya berhasil mengoyak gawang Rui Patricio.

Sayang, hasil imbang tersebut hanya bertahan dua menit. Portugal kembali memimpin setelah Coentrao menyambut umpan cantik Joao Moutinho dengan sentuhan cantik pula. Stojkovic tak berdaya menghalau tendangan bek Madrid tersebut dan Portugal kembali unggul.Hingga wasit G. Rocchi meniup pluit akhir kedudukan tetap 2-1 untuk keunggulan Portugal. (B)