Tuesday, 10 December 2019

Penumpang Masih Desak-desakan

Tarif KRL Turun, Parkir Motor di Stasiun Naik

Rabu, 1 April 2015 — 10:26 WIB
Foto- Suasana desak-desakan penumpang di KRL Commuterline rute Stasiun Serpong-Tanah Abang, Rabu (1/4/2015) pagi. (redaksi)

Foto- Suasana desak-desakan penumpang di KRL Commuterline rute Stasiun Serpong-Tanah Abang, Rabu (1/4/2015) pagi. (redaksi)

JAKARTA (Pos Kota) – Sebagian besar penumpang KRL  Commuterline Jabodetabek gembira. Pasalnya, tarif angkutan itu malah turun sekitar Rp1.000/penumpang. Pada bagian lain mereka kecewa, karena tarif parkir kendaraan bermotor di kawasan stasiun naik dari Rp 6 ribu menjadi Rp8 ribu/unit motor perhari.

“Setelah saya cek, ternyata tarif kereta turun seribu rupiah. Sebelumnya tiga ribu rupiah kalau dari Stasiun Bekasi-Stasiun Sawah Besar. Sekarang jadi dua ribu rupiah.” kata Tata, satu karyawan koran di Jl Gajah Mada, Jakarta Barat, Rabu (1/4/2015).

Sementara Arief, karyawan, mengatakan tarif KRL commutrline rute Stasiun Serpong-Stasiun Tanah Abang, Jakarta Pusat, tidak mengalami perubahan tarif. Sama dengan tarif sebelumnya. Bahkan penumpang pada jam sibuk masih berjubel dan desak-desakan di kereta api maupun ketika mau ke luar Stasiun Tanah Abang. “Penumpang masih desak-desakan,” jelas Arief.

Arief maupun Tata, mendesak pelayanan kereta api Commuterline terus ditingkatkan. Karena setiap penumpang KRL Commuterline telah menanamkan uang jaminan sebesar Rp11 ribu/orang. Kalau dihitung-hitung berapa uang penumpang tersimpan di perusahaan itu. Dengan demikian, pelayanan dan kenyamanan penumpang harus menjadi prioritas pihak manajemen. Terpenting lagi  pihak PT KAI segera menurunkan tarif  parkir dan membuat tempat parkir yang layak.

“Tarif kereta turun, tapi tarif parkirnya naik.”

Dijelaskan, tarif parkir kendaraan bermotor di kawasan stasiun naik dari Rp6 ribu menjadi Rp8 ribu/motor. Menurut penumpang, tarif ini mencekik leher dan tidak sesuai dengan kebijakan yang pro rakyat kecil. “Tarif parkir terlalu mahal,” sambung Tata.

Sebagai mana diketahui, pihak PT KAI mulai hari ini, Rabu (1/4/2015) memberlakukan tarif baru. Khusus KRL Commuterline Jabodetak ditetapkan 25 Km pertama sebesar Rp2000/penumpang, sedang 10 Km berikutnya Rp1.000/penumpang.

Sekadar perbandingan, dari Stasiun Bekasi menuju Stasiun Sawah Besar, melintasi 12 stasiun, yakni Kranji, Cakung, Klender Baru, Buaran, Klender, Jatinegara, Manggarai, Cikini, Gondangdia, Juanda dan terakhir Sawah Besar. Sementara dari Stasiun Serpong – Stasiun Tanah Abang, melalui 8 stasiun, yakni Rawa Buntu, Sudimara, Jurang Mangu, Pondok Ranji, Kebayoran, Pal Merah, Tanah Abang.
(sir)