Thursday, 14 November 2019

BPJS Kesehatan Pastikan Tahun Ini Iuran Tidak Naik

Jumat, 3 April 2015 — 11:39 WIB
*ist

*ist

JAKARTA (Pos Kota) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memastikan Tahun 2015 tidak akan menaikan tarif iuran bagi peserta BPJS Kesehatan.

Itu disampaikan Wakil Ketua Komite III Fahira Idris dalam siaran persnya di Jakarta, Jumat (4/4) pagi. Pernyataanya disampaikan menanggapi kabar yang beredar, bahwa BPJS Kesehatan akan menaikan tarif iuran mulain tahun ini.

Fahira menjelaskan Komite III DPD telah mengadakan dengar pendapat dengan Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga, Purnawarman Basundoro dan Direktur Pelayanan, Fajri Adinur beserta Staf BPJS Kesehatan.

“Dalam rapat itu, Pak Fajri Adinur menjelaskan bahwa untuk tahun 2015 tidak ada kenaikan tarif iuran bagi peserta BPJS Kesehatan, dan juga BPJS Kesehatan terus melakukan peningkatan pelayanan bagi peserta dari tahun ke tahun,” papar Fahira mengutip Fajri.

Menurut Fahira, dirinya mempertanyakan langsung soal kenaikan tarif karena kabar yang beredar, bahwa BPJS Kesehatan akan menaikkan tarif. “Kalau terjadi kenaikan tarif ini akan memberatkan masyarakat,” tutur Fahira yang memimpin jalannya rapat dengar pendapat dengan BPJS Kesehatan.

Ia menambahkan dalam dengar pendapat tersebut berbagai persoalan BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada peserta yakni, beberapa Rumah Sakit swasta yang dimiliki oleh perusahaan yang belum bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, terutama di wilayah terpencil (perkebunan dan pertambangan).

“Jumlah staf pelayanan BPJS Kesehatan di wilayah terpencil yang sangat terbatas bahkan tidak menjangkau di beberapa daerah. Selain itu, belum tercapainya layanan BPJS Kesehatan di wilayah terpencil, dan juga tidak tersedianya obat-obatan pada katalog obat BPJS Kesehatan,” tutur Fahira.

Ia menambahkan rapat diakhiri dengan dukungan Komite III kepada BPJS Kesehatan sebagai pelaksana Program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan BPJS, terdiri Kesehatan, Ketenagakerjaan. Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang beroperasi sejak 1 Januari 2014.

(johara/sir)

  • chryssanti widya

    teruskan amanat rakyat Jakarta dear Uni Fahira Idris……kami dukung !!!