Wednesday, 16 October 2019

Wagub DKI: Pelayanan Rumah Sakit Tidak Boleh Diskriminatif

Jumat, 3 April 2015 — 14:47 WIB
Wagub DKI, Djarot Syaiful Hidayat menyambangi pasien anak-anak saat peresmian simbolis RSU Tipe D di Jakarta di RSU Kecamatan Pesanggrahan, Jaksel. (Rachmi)

Wagub DKI, Djarot Syaiful Hidayat menyambangi pasien anak-anak saat peresmian simbolis RSU Tipe D di Jakarta di RSU Kecamatan Pesanggrahan, Jaksel. (Rachmi)

PESANGGRAHAN (Pos Kota) – Pelayanan kesehatan di Rumah Sakit (RS) Tipe D di Jakarta tidak boleh diskriminatif. Bahkan dokter dan para medis diwajibkan tersenyum dan berempati saat melayani pasien.

“Semua pasien yang berobat di rumah sakit tipe D wajib dilayani tanpa diskriminasi. Orang sakit itu sudah pasti sedang susah jadi harus dilayani dengan senyum dan empati,” tandas Wakil Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidajat didampingi Wakil Walikota Jaksel, Tri Kurniadi saat meresmikan pengoperasian 15 rumah sakit tipe D secara simbolis di RS Umum Kecamatan Pesanggrahan, Jakarta Selatan.

Ia berpendapat puskesmas kecamatan di Jakarta layak untuk menjadi rumah sakit tipe D. Terlebih pelayanan juga akan dilengkapi spesialisasi dasar dengan fokus kepada kebidanan, dokter anak, bedah ringan, dan penyakit dalam. Ia berharap kelak ada spesialis mata dan THT.

Selain itu lanjut Djarot dengan penambahan jumlah RS tipe D di harapkan dapat meminimalisir penumpukan pasien di RS Tipe B.

Koesmedi Priharto, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta didampingi Kasudin Kesehatan Jaksel, Yuditha Endah menjelaskan, peresmian RSU tipe D telah memenuhi syarat sarana dan prasarana yang di tentukan pemerintah sesuai Pergub Nomor 1024 tahun 2014.

“Setelah dievaluasi dan dinilai, sarana dan prasarana sudah memenuhi persyaratan sebuah RS tipe D meski masih berkisar 60-70 persen namun akan terus didorong sehingga mencapai 100%,” ungkapnya.

Puskesmas kecamatan di DKI yang menjadi RS Umum tipe D di Jakarta Selatan yaitu Puskesmas Kecamatan Jagakarsa, Tebet, Pesanggrahan, dan Mampang. Di Jakarta Timur yaitu Kecamatan Ciracas dan Kramatjati. Di Jakarta Pusat yaitu Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Sawah Besar, Johar Baru, Kemayoran. Di Jakarta Utara meliputi Puskesmas Kecamatan Koja, Cilincing, Pademangan dan Jakarta Barat yakni Puskesmas Kecamatan Kembangan, dan Kalideres.
(rachmi/sir)