Sunday, 08 December 2019

Bahas Polemik Calon Kapolri, Jokowi-Pimpinan DPR Adakan Pertemuan Tertutup

Senin, 6 April 2015 — 11:56 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Sekitar pukul 11.01 wib,  Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di Gedung DPR Senayan, Jakarta,  untuk melakukan konsultasi dengan pimpinan DPR. Dengan datangnya presiden ke DPR diharapkan hubungan keduanya bisa cair.

Saat turun dari mobil berplat RI 1, Jokowi yang rapi dengan setelan jas hitam tampak satu mobil dengan Puan Maharani yang merupakan Menteri Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK).

Putri Ketua Umum PDI Perjuangan itu mengenakan baju batik dan langsung berjalan berbarengan dengan Jokowi masuk ke dalam ruang pertemuan. Saat berjalan masuk, tidak ada sepatah kata pun yang diucapkan baik Jokowi maupun Puan.

Keduanya langsung menuju ke dalam ruangan di Gedung Nusantara IV untuk melakukan pertemuan dengan Pimpinan DPR dan Ketua Fraksi.

Pertemuan berlangsung tertutup antara Jokowi dengan pimpinan DPR untuk membahas tentang polemik pencalonan Kapolri. Selain itu, akan dibahas juga berbagai isu terkini yang banyak menyita perhatian publik.

Menurut Tjahjo Kumolo, pertemuan Presiden dengan Pimpinan DPR hari ini yang utama adalah membahas mengenai surat Presiden yang memutuskan bahwa Presiden mengganti calon Kapolri, yaitu dari Komjen Pol. Budi Gunawan digantikan oleh Komjen Pol. Badrodin Haiti. Badrodin Haiti diajukan oleh Presiden sebagai calon Kapolri yang baru.

Namun demikian, Mendagri tidak menampik kemungkinan isu dapat berkembang dan bahasan bisa lebih satu, tergantung pertemuan yang dilakukan secara tertutup hari ini.

Menko Polhukam Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno, menjelaskan ada tiga hal pokok yang akan dibahas Presiden dengan Pimpinan DPR hari ini, yaitu mengenai pergantian Kapolri, APBNP dan mengenai Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang KPK.
(rizal/sir)