Wednesday, 13 November 2019

Jokowi Diminta Jangan Latah Naikkan BBM

Sabtu, 11 April 2015 — 14:41 WIB
Petugas memeriksa BBM. (ist)

Petugas memeriksa BBM. (ist)

JAKARTA (Pos Kota) – Harga minyak dunia mulai merangkak naik, Presiden Joko Widodo diminta jangan latah ikut menaikan lagi harga BBM (Bahan Bakar Minyak) di dalam negeri.

“Sebab pemerintah mengaku harga BBM dalam negeri mengacu kepada harga pasar minyak dunia,” kata mantan Menteri Keuangan Fuadi Bawazier, di Jakarta, Sabtu (11/4).

Ia menambahkan  sekarang harga minyak dunia mulai merangkak naik, karenanya kita minta kepada Jokowi jangan latah ikut menaikan harga BBM di dalam negeri.

“Kemarin baru menaikkan harga BBM, masak mau dinaikkan lagi. Rakyat bisa tambah sengsara karena pasti harga kebutuhan pokok masyarakat juga akan ikut naik,” tambah Fuad.

Ia menilai sebetulnya dengan kenaikkan harga BBM yang kemarin itu, bukannya pemerintah yang memberikan subsidi, tapi rakyat yang memberikan subsidi kepada pemerintah.

Sebab, lanjut Fuad, di banyak negara yang juga mengacu harga pasar dunia dalam menentukan harga minyak di dalam negerinya, malah lebih murah dibandingkan dengan harga BBM di Indonesia.

“Jadi harga BBM kita lebih mahal dibandingkan negara lain yang juga sama-sama formulasi dalam menentukan harga minyaknya mengacu kepada harga minyak dunia,” terang Fuad yang juga mantan Dirjen Pajak.

“Karena itu, saya menilai rakyat telah memberikan subsidi kepada pemerintah lewat harga BBM. Jadi pemerintah ini sebenarnya sudah berdagang lewat BBM,” tegas Fuad.

Seperti diketahui, melansir Reuters, (11/4)harga minyak mentah dunia mulai naik untuk pengiriman Mei naik 1,30 dolar AS menjadi 57,87 dolar per barel, Kenaikkan harga minyak dunia itu terjadi di tengah negosiasi nuklir Iran. Kesepakatan ini menimbulkan pertanyaan  yang memungkinkan minyak Iran kembali ke pasar. (johara/yo)

  • bagong

    enak aje bilang,”jgn latah”. emang situ yg modalin “dagangan” kita…

Terbaru

2019-11-13 06.51.05
Rabu, 13/11/2019 — 6:39 WIB
Seniman Djaduk Ferianto Meninggal Dunia
Petugas di Posko Siaga Bencana di kantor Kecamatan Kembangan, Jakbar. (Rachmi)
Rabu, 13/11/2019 — 6:12 WIB
Kembangan Siapkan Posko Siaga Bencana