Monday, 09 December 2019

Narkotika Senilai Rp16 Miliar Dimusnahkan

Sabtu, 11 April 2015 — 9:35 WIB

LAMPUNG (Pos Kota) – Barang bukti narkotika jenis shabu seberat 10,595 kg dan ganja seberat 134,084 kg serta pil ekstasi  sebanyak 680 butir bernilai Rp16 miliar dimusnahkan petugas Polres Lampung Selatan, kemarin.

“Ini merupakan hasil ungkap kasus penyalahgunaan narkotika selama tahun 2015,” kata Kasat Narkoba Polres Lampung Selatan, Iptu. M Rhobby Syahferry.   Selain dari hasil sitaan polres dan jajaran, ada juga barang bukti hasil sitaan dari Direktorat Narkoba Polda Lampung berupa shabu 1,1 kg dan ekstasi sebanyak 680 butir.

Untuk penyalahgunaan narkotika, sejak Januari hingga Maret 2015, seluruhnya ada 59 kasus penyalahgunaan narkotika, dengan 101 tersangka, di antaranya masih ada yang di selidiki.

Kapolres Lampung Selatan, AKBP  Hengki mengatakan, pemusnahan barang bukti narkotika ini menggunakan mesin icenerator dan telah mendapatkan penetapan dari pihak Kejaksaan Negeri Kalianda, yang di saksikan oleh pihak terkait.

Menurut Bupati Lampung Selatan, Rycko Menoza SZP mengatakan, pemda mendukung pihak kepolisian untuk memerangi dan memberantas narkotika. Pihaknya telah membebaskan lahan untuk pembangunan rumah sakit rehabilitasi narkotika dan rencananya awal Juni mulai di bangun. “Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa digunakan,” kata Rycko. (koesma/yo)