Sunday, 15 December 2019

Wartawan Sukabumi Demo Kejaksaan

Selasa, 14 April 2015 — 17:12 WIB
Demo Wartawan Sukabumi

SUKABUMI (Pos Kota) – Puluhan wartawan Sukabumi berunjukrasa ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibadak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (14/4).

Aksi demo dipicu akses informasi, terutama di lembaga hukum tersebut terkesan tertutup dengan diberlakukannya sistem satu pintu. Kondisi ini terjadi pasca pergantian pucuk pimpinan, kepala kejari dan kepala pidana khusus, bulan lalu.

Para demonstran yang terdiri dari media cetak, elektronik, dan online dengan membawa berbagai poster langsung menuntut agar sistem satu pintu dievaluasi. Pasalnya, setiap kali awak media konfirmasi sejumlah penanganan kasus korupsi terkesan di ping pong.

Dengan pengawalan ketat puluhan petugas pengamanan, para demonstran silih berganti melakukan  operasi. Mereka mendesak bertemu langsung dengan Kajari. Sayangnya, pada saat bersamaan kajari tengah rapat koordinasi dengan Kejaksaan Tinggi Bandung.

“Kami minta agar Kejaksaan transparan dalam setiap penanganan kasus. Kami minta kebijakan satu pintu dievaluasi,” cetus Ketua Sukabumi Jurnalis Forum (SJF), Fitriansyah di sela-sela aksi.

Aksi yang disertai pembakaran berbagai poster ini berakhir ketika Kasi Datun, Eka Aryanta Parinding menemui para demonstran. Mereka membubarkan diri dengan tertib dan lancar. (sule/d)