Friday, 13 December 2019

Tol Tangerang-Merak Akan Dilebarkan Hingga Pelabuhan

Minggu, 19 April 2015 — 21:35 WIB
Tol Tangerang-Merak.

Tol Tangerang-Merak.

JAKARTA (Pos Kota)- Pengelola tol Tangerang-Merak, PT Marga Mandalasakti (MMS) akan mengembangkan jalan tol yang dikelolanya menjadi empat lajur dari Tangerang hingga Pelabuhan Merak, Banten. Penambahan lajur dilakukan sebagai respons terhadap program pesatnya pertumbuhan lalu lintas di tuas tol ini.

“Saat ini dari Tangerang sampai Balaraja Barat sudah memiliki tiga lajur atau lebih. Sementara dari Balaraja Barat sampai Merak masih dua lajur,” kata Dirut PT MMS Wiwiek D. Santoso di sela-sela diskusi dengan tema “Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Melalui Percepatan Penyelesaian Pembangunan Jalan Tol Trans Jawa, yang diadakan Forum Wartawan Pekejaan Umum (Forwapu), kemarin.

Menurut Wiwiek, tahun depan akan dibangun lajur ketiga dari Balaraja Barat sampai Ciujung. Pada saat yang bersamaan MMS juga sedang melakukan studi tentang kemungkinan dibangunnya lajur keempat hingga ke Merak. Rencananya, Pelabuhan Merak dan Bakauheni masing-masing akan memiliki 10 dermaga atau naik dua kali lipat dari yang ada saat ini.

Bila itu tersebut terealisasi, maka volume lalu lintas kendaraan di tol Tangerang-Merak yang dikelola PT MMS akan meningkat tajam sehingga jalan perlu dilebarkan. Soalnya, tingginya volume lalu lintas tidak akan tertampung jika masih ada ruas tol yang hanya memiliki dua lajur. Lahan untuk melebarkan jalan menjadi tiga lajur sudah tersedia sampai pintu tol Cilegon Barat sehingga MMS tidak memiliki kesulitan untuk membangun lanjur ketiga sampai pintu tol Cilegon Barat.

“Total nilai investasinya yang diperlukan sekitar Rp 2,7 triliun. Itu bisa diambil dari kas perseroan dan pinjaman bank,” tambah Wiwiek.

Sementara itu, untuk membangun lajur ketiga dari Cilegon Barat sampai Merak lahannya belum tersedia mengingat kondisi medan yang relatif sulit akibat adanya perbukitan. Namun semua itu diyakini akan bisa diatasu nantinya.

MMS akan terus mengikuti perkembangan soal rencana pengembangan pelabuhan Merak oleh pihak ASDP. Setelah semua menjadi lebih jelas barulah pihaknya akan mengambil langkah yang diperlukan. (faisal)