Friday, 06 December 2019

Berencana Serang Gereja, Pria Ini Ditangkap di Paris

Rabu, 22 April 2015 — 20:59 WIB
ilustrasi

ilustrasi

PERANCIS – Seorang pria 24 tahun ditangkap polisi karena dicurigai merencanakan penyerangan terhadap satu atau dua gereja di Prancis. Sejumlah senjata dan rompi antipeluru disita polisi sebagai barang bukti.

Reuters melaporkan Menteri Dalam Negeri, Bernard Cazeneuve, Rabu (22/4) mengatakan mahasiswa sekolah teknologi informasi itu ditangkap pada Minggu (19/4) di tenggara kota Paris. Satu mobil beserta pistol, senjata lain dan rompi anti peluru disita petugas.

“Dokumen yang ditemukan menggambarkan dengan jelas rencana serangan terhadap satu atau dua gereja yang sedianya akan dilakukan dalam waktu dekat,” kata Cazeneuve.

Menurut sumber dari Kementerian Dalam Negeri, pria ini ditangkap setelah menelpon pelayanan darurat untuk merawat luka yang
dideritanya. Petugas medis yang datang melihat luka tersebut adalah luka tembakan dan segera mereka memberi tahu polisi. Jejak darah yang ditemukan menuntun pada satu mobil berisi senjata-senjata.

Polisi menduga pria ini tanpa sengaja menembak dirinya sendiri. Masih menurut sumber dari Kementerian Dalam Negeri, pria yang berkewarganegaraan Algeria juga diduga terlibat pembunuhan seorang wanita 32 tahun yang ditemukan tewas di mobilnya.

Perancis meningkatkan kewaspadaan terhadap serangan teroris setelah terjadi serangan Januari tahun ini. Tercatat 17 orang tewas akibat serangan teroris di kantor majalah Charlie Hebdo dan toko makanan Yahudi. (firdaus)