Monday, 21 October 2019

Puluhan Bangunan Liar di Sungai Bambu Dibongkar

Senin, 27 April 2015 — 19:54 WIB
Puluhan bangunan yang berdiri di atas saluran air dan trotoar  dibongkar petugas.

Puluhan bangunan yang berdiri di atas saluran air dan trotoar dibongkar petugas.

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Puluhan bangunan liar di Jalan Gaya Motor 1 dan 2, Kelurahan Sungai Bambu, Tanjung Priok, Jakarta Utara diobrak-abrik petugas. Pembongkaran ini dilakukan karena bangunan tersebut dianggab pemicu banjir. Selain itu juga berdiri di trotoar sehingga membuat warga yang akan melintas jadi kesulitan.

Pembongkaran 53 bangunan liar itu berjalan lancar bahkan pemilik ikut membongkar sendiri bangunan. Meski begitu mereka meminta pemerintah mencarikan solusi agar mereka bisa kembali berjualan.

“Kami rela banguan ini dibongkar, tapi saya juga minta kepada pemerintah mencarikan solusi agar masih bisa jualan. Selama ini bangunan ini selain untuk berteduh kami sekeluarkan juga untuk mencari nafkah jualan makanan,” kata Nurhasanah,45 .

Diungkapkan wanita asal Pekalongan, Jawa Tengah, dirinya sudah lama berjualan di lokasi dan baru kali ini ditertibkan.  Memang sebelum petugas membongkar bangunan liar tersebut, Jumat (23/4) dirinya bersama warga lainnya mendapat surat dari Kelurahan Sungai Bambu yang isi agar meminta para penghuni untuk segera mengosongkan dan membongkar bangunannya.

Lurah Sungai Bambu Sumarno, mengatakan pembongkaran ini dilakukan karena hampir setiap kali hujan dan air pasang jalanan selalu tergenang. Selain itu maraknya bangunan tersebut juga banyak di keluhkan warga.

Lurah mengimbau warga supaya tidak lagi membangun bangunan liar di lokasi. Sebab jika ini tetap dilakukan pihaknya tak segan-segan  membongkarnya. Pihaknya akan menempatkan sejumlah anggota Satpol  PP untuk menjaga tempat tersebut. (wandi)