Friday, 22 November 2019

Bupati Purwakarta Akan Atur Jam Masuk dan Pulang Sekolah

Rabu, 6 Mei 2015 — 7:34 WIB
Foto- Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

Foto- Bupati Purwakarta, Dedi Mulyadi.

PURWAKARTA (Pos Kota) – Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi mendambakan sekolah di wilayahnya melahirkan siswa siswa berkualitas dan berdaya saing dengan menapak pada nilai budaya. Pada 2015 ini, Bupati Purwakarta intens membenahi wajah pendidikan di Purwakarta.

Seabreg kebijakan telah ia gulirkan, diantaranya salam sunda. Teranyar, Bupati Dedi bertekad mengubah jam masuk dan pulang sekolah siswa di seluruh jenjang tingkatan.

“Ke depan sekolah di Purwakarta, akan ada perbedaan waktu masuk sekolah. Waktu masuk sekolah di pedesaan dan di perkotaan akan dibedakan,” ujar Bupati Dedi.

Bukan tanpa alasan orang nomor satu di Pemkab Purwakarta membedakan waktu masuk sekolah. Menurutnya, anak anak dipedesaan cenderung bangun pagi. Mereka sudah bangun pukul 06.00 wib. Sekarang kalau dirumuskan sekolah masuk jam 6, berarti siswa bisa bangun lebih pagi dan anak anak itu dipastikan telah menunaikan salat shubuh.

Sedangkan untuk sekolah di perkotaaan, lanjut Dedi, akan dirumuskan untuk masuk sekitar pukul 08.00 wib. “Bukan karena anak anak diperkotaan bangun tidurnya siang, akan tetapi mereka seringkali menghadapi kemacetan ketika berangkat sekolah,”jelasnya.

Dedi menambahkan, begitu juga dengan jam pulang sekolah. Untuk anak anak yang bersekolah dipedesaan, kata Dedi, masuk pukul 06.00 wib dan keluar berkisar pukul 10.00 atau 11.00 wib. Untuk perkotaan masuk pukul 08.00, keluar sekolah pukul 14.00 atau 15.00 wib.

“Anak sekolah pedesaan sepulang sekolah itu melakukan kegiatan semisal membantu orang tuanya bertani, berkebun, menggembala bagi yang punya hewan ternak. Sedangkan untuk dikota agar ketika mereka pulang sekolah bisa langsung bertemu dengan orang tuanya, karena banyak sekali orang tua mereka ayah ibunya bekerja,”ulas Bupati Dedi beralasan.

(dadan/sir)