Monday, 18 November 2019

WNA Dirazia di Jalan Jaksa Segera Dideportasi

Rabu, 6 Mei 2015 — 20:10 WIB
Warga Negara Asing yang dijaring di Jalan Jaksa Jakarta Pusat

Warga Negara Asing yang dijaring di Jalan Jaksa Jakarta Pusat

JAKARTA (Pos Kota) – Direktur Penyidikan dan Penindakan Keimigrasian, Ditjen Imigrasi Mirza Iskandar menegaskan warga negara asing yang terjaring dalam operasi di Jalan Jaksa, Jakarta Pusat dan tidak memiliki dokumen keimigrasian akan dideportasi.

“Kita sangat tegas dan tidak akan beri toleransi sedikitpun terhadap mereka, yang tidak memiliki kelengkapan dokumen keimigrasian,” katanya saat dihubungi oleh Pos Kota,  Rabu malam.

Menurut Mirza, pihaknya sendiri telah memerintahkan kepada para pihak, untuk secepatnya melaporkan hasil pemeriksaan terhadap WNA yang terjaring, Selasa lalu, agar bisa segera ditindaklanjuti sesuai dengan ketentuan perundangan.

SELASA – KAMIS

Kepada Pos Kota, dia menyampaikan dirinya telah meminta  seluruh jajaran Imigrasi se-Indonesia, guna mengoperasi WNA, mulai Selasa sampai Kamis, hari ini.

“Langkah ini sebagai upaya untuk menertibkan agar kita tidak kedatangan WNA-WNA yang tidak jelas. Acuannya kita adalah UU. Siapapun yang menyalahgunakan dokumen keimigrasian akan ditindak.”

Kasubag Humas Ditjen Imigrasi Yan Wellyguna pemeriksaan terhadap WNA yang terjaring di Jalan Jaksa masih berlangsung. Operasi itu dilakukan oleh Pemprov DKI Jakarta bekerjasama dengan Kantor Imigrasi Jakarta Pusat.

Dari operasi ditangkap seorang WNA asal Nigeria. Dia diduga sudah tinggal di Indonesia melebihi izin selama dua tahun dan menjadi target operasi. Selain dia, satu warga Kamerun yang juga sudah menjadi target operasi.

Tiga lainnya, terdiri seorang warga Italia dan dua warga Austria. “Mereka lalu dibawa ke Kanim Jakarta Pusat untuk diperiksa,” jelas Kasubsi Penindakan Kanim Jakarta Pusat Andi Riswa. (ahi)