Monday, 18 November 2019

Ahok Lantik 649 Eselon III dan IV

57 Pejabat DKI Turun Jadi Staf Biasa

Senin, 18 Mei 2015 — 12:35 WIB
Foto- Gubernur Ahok melantik 649 pejabat eselon III dan IV di Balaikota DKI Jakarta. (joko)

Foto- Gubernur Ahok melantik 649 pejabat eselon III dan IV di Balaikota DKI Jakarta. (joko)

GAMBIR (Pos Kota) – Gubernur DKI Jakarta Ahok melantik 649 pejabat III dan IV di halaman Balaikota, kawasan Gambir, Senin (18/5). Di antara sekian banyak yang dilantik, tercatat 196 orang mendapat promosi jabatan, 57 pejabat diplorotkan jadi staf, sedangkan sisanya 452 orang adalah rotasi maupun mutasi.

Proses seleksi pejabat setingkat kasi (eselon IV) dan kabag/kasudin (eselon III) kali ini tidak melalui proses lelang jabatan seperti pernah dilakukan sebelumnya. “Pemilihan pejabat eselon III dan IV kali ini murni atas masukan dari atasannya eselon. Jadi, kalau nanti ternyata mereka bekerja tidak benar, maka siap menanggung risikonya,” ujar Ahok saat melantik 649 pejabat yang tersebar pada 25 SKPD.

Ahok mempercayakan proses seleksi dilakukan oleh kepala dinas maupun kepala badan, karena mereka sering mengeluhkan kinerja eselon III dan IV yang katanya lelet dan lamban. “Ketika saya tanya kenapa, pelayanan masyarakat lelet, mereka menjawab karena eselon di bawahnya tak becus kerja. Untuk itu, mereka saya beri kewenangan untuk memilih sendiri anak buahnya, mudah-mudahan bisa lebih baik,” ungkap Ahok.
Dalam kesempatan itu, Ahok berpesan agar seluruh pejabat teras yang dilantik bisa bekerja dengan cepat dan melayani masyarakat sebaik mungkin.

“Tentu saja orang bertanya kenapa ada pelantikan eselon III dan IV. Setelah pelantikan 2 Januari lalu, kita berubah cukup banyak dibanding berapa tahun ke belakang. Pejabat adalah pelayan. Kita bekerja harus serba cepat,” ujar Ahok sambil menambahkan para PNS harus terus diingatkan bekerja maksimal.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DKI Jakarta, Agus Suradika menyatakan mereka yang dilantik terdiri eselon III jumlahnya 126 orang, promosi 22 orang, rotasi 81 orang, mutasi 6 orang dan demosi 16 orang. Sedangkan eselon IV total 580 orang, promosi 174 orang, rotasi 352 orang, mutasi 13 orang dan demosi 41 orang. “Totalnya ada sebanyak 57 pejabat eselon III dan IV yang mengalami demosi atau penurunan jabatan menjadi staf biasa,” papar Agus.

Puluhan pejabat eselon III dan IV yang didemosi akan dievaluasi kinerjanya selama tiga bulan ini. “Bila mereka dilihat ada peningkatan kinerja maka tak tertutup kemungkinan akan dipromosikan kembali untuk menempati posisi jabatan di dinas atau biro di jajaran Pemprov DKI. Tetapi kalau kinerja tetap gak becus, ya kemungkinan akan dihapus hak tunjangan kinerja daerah (TKD) dinamis mereka. Jadi terima gaji saja,” tegasnya.

(joko/sir)

Terbaru

Senin, 18/11/2019 — 7:20 WIB
Jangan Tipu Diri