Wednesday, 11 December 2019

PDIP-PAN Bakal Berkoalisi di Sukabumi

Rabu, 20 Mei 2015 — 10:56 WIB

SUKABUMI (Pos Kota) – Teka-teki koalisi antar partai politik (parpol) menjelang perhelatan Pilkada Kabupaten Sukabumi, kian jelas. Dua parpol yang sudah pasti bakal berkoalisi yakni PDI Perjuangan dengan Partai Amanat Nasional (PAN). Kepastian ini mencuat ketika jajaran kedua pengurus parpol ini bertemu membahas pra deklarasi koalisi PDI Perjuangan-PAN di sebuah hotel di kawasan Cikukulu, Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi, kemarin.

Inti pertemuan itu yakni memperjelas MoU antar kedua parpol yang sudah disepakati jauh hari sebelumnya pada Pilkada Kabupaten Sukabumi. Termasuk memutuskan waktu deklarasi yakni pada 1 Juni mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan Kabupaten Sukabumi, M Iqsan mengaku pertemuan ini memang untuk memperjelas arah dan langkah dalam pemenengan pemilukada Desember mendatang. Termasuk membentuk tim yang berasal dari PDI Perjuangan dengan PAN untuk melakukan komunikasi dengan sejumlah parpol lainnya.

“Pertemuan ini untuk menyepakati beberapa langkah. Karena kami (PDIP, red) sudah merasa cocok berkoalisi dengan PAN,” terang Iqsan.

Ketua Pemenangan Pemilukada (Tim 9) PAN Kabupaten Sukabumi, Budi Mulyadi menambahkan dalam pertemuan ini belum membahas figure yang akan diusung. Pasalnya, baik PAN maupun PDI Perjuangan saling menghargai mekanisme perjaringan di masing-masing parpol.

“Tim yang sudah terbentuk dari PDI Perjuangan-PAN ini juga bertugas menjalin komunikasi dengan sejumlah parpol lainnya. Sehingga tak menutup kemungkinan nanti pada saat deklarasi akan mendapatkan “energi” dari parpol lainnya,” jelasnya.

Untuk diketahui, hasil penjaringan PDI Perjuangan yakni memunculkan dua nama yani Akhmad Jajuli yang kini menjabat sebagai Wabup Sukabumi dan Herwan Nugraha. Sementara PAN sendiri sudah bulat menetapkan Ketua DPD PAN Kabupaten Sukabumi, Iman Adinugraha. (sule/yo)