Monday, 14 October 2019

Presiden Turki Berusaha Selamatkan Mursi dari Hukuman Mati

Jumat, 22 Mei 2015 — 9:09 WIB
Presiden Mesir yang digulingkan Muhammad Mursi berada dalam penjara (reuters)

Presiden Mesir yang digulingkan Muhammad Mursi berada dalam penjara (reuters)

ANKARA – Koran Turki, Takvim, melaporkan bahwa Presiden Recep Tayyip Erdogan sedang berusaha mencegah Presiden Mesir yang digulingkan, Muhammad Mursi, dari hukuman mati yang dijatuhkan kepadanya pada minggu kemarin.

Dengan Arab Saudi dan Qatar sebagai mediator, Erdogan mengusahakan kepindahan Mursi dari Mesir ke Turki.

Menurut koran tersebut, Presiden Mesir, Abdel Fattah Al-Sisi, belum memberikan komentar tentang permasalah tersebut, namun disaat yang sama, dia ingin menyingkirkan Mursi.

Dilaporkan bahwa al-Sisi telah membahas permasalahan ini dengan Perdana Menteri Ibrahim Mehlib dan Menteri Pertahanan Sedqi Subhi.Mehlib menyarankan untuk mengasingkan Mursi karena Mesir bisa bergolak bila Mursi dihukum mati.

Presiden Muhammad Mursi adalah presiden kelima Mesir yang memimpin dari bulan Juni 2012 hingga Juli 2013. Dia digulingkan oleh al-Sisimelalui kudeta setelah puluhan ribu warga Mesir meminta dia mundur dengan alasan kebijakannya yang tidak adil.

Pada 16 Mei kemarin, pengadilan menjatuhkan hukuman mati kepada Mursi karena turut serta dalam pembobolan penjara Wadi al-Natrun  tahun 2011 yang mengakibatkan 34 tahanan, termasuk Mursi, melarikan diri.(middleeastmonitor.com/daus)