Tuesday, 19 November 2019

Irjen Tito Karnavian Jabat Kapolda Metro Jaya

Sabtu, 6 Juni 2015 — 12:02 WIB
Irjen Tito Kurniawan. (adji)

Irjen Tito Kurniawan. (adji)

JAKARTA (Pos Kota) – Mabes Polri  mengeluarkan Telegram Rahasia terkait mutasi 35 pati dan 143 pamen, Jumat (5/6) malam. Kapolda Metro Jaya  dijabat oleh Irjen Tito Karnavian.

Berdasarkan salinan telegram rahasia Kapolri yang beredar dari Surat Telegram bernomor ST/1242/VI/2015 dan ST/1243/VI/2015. Jabatan Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono dimutasi sebagai Asisten Operasional Kapolri. Posisi Metro1 bakal diisi oleh  Irjen Tito Karnavian yang sebelumnya menjabat sebagai Asisten Perencanaan (Asrena) Polri.

Posisi Irjen Tito sebagai Asrena Polri digantikan oleh Irjen Arif Wachyunadi. Selain itu, pergeseran juga terjadi di Direktorat Tindak Pidana Umum Badan Reserse Kriminal Polri, Brigjen Herry Prastowo diangkat menjadi Kepala Biro Pertanggungjawaban Profesi Divisi Profesi dan Pengamanan Polri.

Kapolda NTB yang ditempati Brigjen Srijono akan diisi oleh Brigjen Umar Septono yang saat ini menjabat Karobinops SOPS Polri. Kapolda Kalteng yang dijabat Brigjen Bambang Hermanu akan diisi oleh Brigjen Fakhrizal yang saat ini menjabat Karopaminal Polri.  Kapolda Kalsel Brigjen Machfud Arifin diangkat dalam jabatan baru sebagai Kadiv TI Polri. Jabatannya kini digantikan oleh Brigjen Agung Budi Maryoto.

Kapolda Lampung Brigjen Heru Winarko dimutasikan sebagai Pati SSDM Polri dalam rangka penugasan pada Kemenkopolhukam. Posisinya digantikan oleh Brigjen Edward Syah Pernong yang sebelumnya menjabat Karorenmin Bareskrim Polri. Kapolda Malut Brigjen Sobri Effendy digantikan oleh Brigjen Imam Budi Supeno, yang sebelumnya menjabat Dirpolair Baharkam Polri.

Brigjen Carlo Brix Tewu yang menjabat Karojianstra Sops Polri dipercaya sebagai Direktur Tipidum Bareskrim Polri. Posisi Carlo digantikan oleh Kombes Toni Harmanto yang sebelumnya menjabat sebagai Wadirtipidum Bareskrim Polri. Kombes Didid Widjanardi yang menjabat Wadirtipidter Bareskrim Polri dimutasikan sebahai Pamen SSDM Polri dalam rangkan penugasan pada Lemhanas. Kedudukannya digantikan oleh Kombes Purwadi Arianto.

Kabiro Penmas Humas Mabes Polri, Irjen Agus Rianto mengatakan pergeseran jabatan pada institusi Polri bukan sesuatu yang luar biasa. Ia menyebutkan, ada beberapa perwira yang akan memasuki masa pensiun sehingga posisinya harus diganti perwira lain. (adji/yo)