Wednesday, 20 November 2019

Piala Amerika 2015

Neymar Berjaya, Brasil Tekuk Peru 2-1

Senin, 15 Juni 2015 — 7:19 WIB
Douglas dan Neymar pahlawan Brasil saat menang 2-1 lawan Peru (reuters)

Douglas dan Neymar pahlawan Brasil saat menang 2-1 lawan Peru (reuters)

TEMUCO- Sempat teringgal, Brasil akhirnya mampu membalikkan keadaan sehingga menang melawan Peru 2-1  pada laga pertama fase grup Copa America 2015  di Estadio Municipal Bicentenario Germán Becker, Temuco, Senin (15/6) pagi WIB.

Kemenangan tersebut tidak mudah diraih Brasil. Neymar dan kawan-kawan butuh  hingga detik terakhir  untuk bisa unggul.

Meski demikian itu menjadi start yang bagus buat Brasil mengawali kompetisi. Perolehan tiga angka pun menjadi milik mereka saat ini, sama dengan perolehan Venezuela, yang secara mengejutkan bisa menundukkan Kolombia.

Akibat kesalahan David Luis saat menyapu bola, Peru sudah unggul saat laga berjalan tiga menit.
David Luiz melakukan blunder. Ia mengoper bola kepada Jefferson. Entah kenapa penjaga gawang Brasil itu menyepak bola sekenanya dan tepat ke hadapan Cueva, tanpa ampun pemain Peru itu, langsung melepaskan tembakan tanpa mampu dihadang Jefferson.

Beruntung dua menit kemudian berkat kerja sama antara Neymar dan Dani Alves, Brasil bisa menyamakan kedudukan.

Di menit 13, Neymar nyaris kembali membuat gol. Sayang sepakan pemain Barcelona ini usai menerima umpan dari Diego Tardelli berhasil dimentahkan pemain Peru, saat penjaga gawang sudah salah posisi.

Sementara kans di menit 41 yang didapat Neymar juga berakhir dengan hanya tendangan gawang, setelah sepakan pemain Barcelona itu terlalu melambung. Skor akhir di babak pertama pun berkesudahan dengan 1-1.

Babak kedua Brasil terus mendominasi permainan. Neymar kembali jadi bintang. Sayang peluang demi peluang pun diusahakan belum juga bebruah gol termasuk sepakan Neymar dari luar kotak penalti hanya mengenai mistar gawang Peru.

Peru juga memberi perlawanan dengan mengandalkan serangan balik. Di menit 73, Paolo Guerrero berusaha menerobos pertahanan Brasil, namun harus gagal karena dijatuhkan pemain Brasil sebelum masuk kotak penalti, yang berujung pada tendangan bebas. Jefferson Farfan yang mengeksekusi bola mati tersebut masih gagal mengarahkannya ke gawang.

Di sepuluh menit terakhir, Sejumlah pergantian dilakukan kedua tim, yang berimbas pada perubahan atmosfer permainan. Benar saja, hasil akhir laga pun ikut berubah.

Di masa injury time, Douglas Costa bisa melesakkan bola ke gawang Peru dengan memaksimalkan umpan cantik Neymar. Brasil pun menyudahi laga dengan kemenangan 2-1.(B)