Sunday, 17 November 2019

Lima Pesawat di Bandara Soekarno-Hatta Bakal Dimusnahkan

Senin, 22 Juni 2015 — 22:17 WIB
Bandara Soekarno-Hatta

Bandara Soekarno-Hatta

JAKARTA (Pos Kota) – PT Angkasa Pura II (Persero) tengah memproses lima pesawat yang parkir di sisi udara Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk dimusnahkan.

Perseroan saat ini telah menerima klaim kepemilikan lima unit pesawat dari total 11 unit pesawat bekas tersebut.  Pesawat-pesawat yang telah diklaim oleh pemiliknya adalah Fokker 28 dengan registrasi PK-MGH, Fokker 28 registrasi PK-MGM, lalu MD 820 registrasi PK-KAP, kemudian Boeing 737-200 registrasi PK-KAD, dan Boeing 737-200 registrasi PK-CJK.

Direktur Utama PT Angkasa Pura II (Persero) Budi Karya Sumadi mengatakan, enam  pesawat telah diproses pemusnahan dan enam  pesawat lainnya agar  cepat diklaim pemiliknya sehingga program pembenahan sisi udara Bandara Internasional Soekarno-Hatta dapat berjalan lancar.

Adapun enam  pesawat yang belum diklaim pemiliknya adalah FJF dengan registrasi PK-HNK, Boeing 737-200 registrasi PK-IJK, Boeing 737-200 registrasi PK-IJH, HS 748 registrasi PK-IHH, HS 748 registrasi PK-IHT, dan F28 registrasi PK-MGM.

Sementara itu, 10 unit pesawat Batavia Air yang ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta saat ini juga tengah dalam proses pemusnahan oleh pihak ketiga di bawah supervisi dari kurator. Dua unit telah dihancurkan, lalu dua unit  bahan bakar sedang dikeringkan untuk kemudian dimusnahkan, dan enam unit masih dalam tahap proses dimana saat ini pesawat tersebut ditempatkan di hanggar bekas milik Batavia Air.

Kebijakan penyingkiran pesawat-pesawat yang tidak dipergunakan lagi ini merupakan salah satu upaya PT Angkasa Pura II (Persero) dalam mendukung kelancaran operasional Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan membenahi estetika sisi udara bandara. (dwi)