Friday, 22 November 2019

Koarmabar Tangkap Kapal Bawa Imigran Gelap asal Somalia

Jumat, 26 Juni 2015 — 17:05 WIB
Imigran gelap asal Somalia  diamankan Patkamla II-I-47/SSG saat mereka berusaha memasuki perairan Indonesia

Imigran gelap asal Somalia diamankan Patkamla II-I-47/SSG saat mereka berusaha memasuki perairan Indonesia

JAKARTA (Pos Kota)- Patroli Keamanan Laut (Patkamla) II-I-47/SSG Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Asahan (TBA) yang berada di bawah jajaran Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menangkap kapal jenis pompong tanpa nama mengangkut imigran gelap asal Somalia di Perairan Tanjung Jumpul, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara, Jumat (26/6).

Menurut Dinas Penerangan Koarmabar, kapal tersebut diamankan Patkamla II-I-47/SSG  yang sedang melakukan patroli rutin di daerah sekitar 6 mil dari Kuala Bagan Asahan. Setelah diperiksa, diketahui kapal tersebut mengangkut 17 orang penumpang terdiri dari 12 orang imigran gelap asal Somalia dan 5 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal.

Menurut Komandan Lanal TBA Letkol Laut (P) Edward H Sibuea, mereka diduga berangkat dari Malaysia dan berlayar sampai di perairan perbatasan Indonesia dan Malaysia. Selanjutnya  penumpang tersebut ditransfer ke kapal ikan dan berlayar menuju Tanjung Balai Asahan. Saat kapal tersebut tiba di sekitar Perairan Tanjung Jumpul, mereka l diamakan oleh Patkamla II-I-47/SSG.

Guna proses pemeriksaan lebih lanjut kapal pompong berpenumpang 12 imigran Somalia yang terdiri dari 6 laki-laki 3 perempuan serta 3 anak-anak serta 5 orang TKI ilegal yang terdiri dari 4 laki-laki dan 1 perempuan diamankan di Posal Bagan Asahan, Sumatera Utara. (B)