Friday, 06 December 2019

Genjot Ekspor 300 Persen, Kemendag Gandeng Garuda Indonesia

Kamis, 2 Juli 2015 — 14:22 WIB
*ist

*ist

JAKARTA (Pos Kota) – Demi menggenjot ekspor 300 % Kementerian Perdagangan gandeng Garuda Indonesia dalam bidang “Pemanfaatan Jasa Angkutan udara Nasional Dalam Rangka Peningkatan Perdagangan dan Perwujudan Tata Kelola Pemerintahan
Yang Baik”.

“Kemendag melakukan terobosan baru dengan menggandeng maskapai nasional yaitu Garuda Indonesia untuk mencapai target kerja yang telah ditentukan. Peran jasa angkuktan udara sangat penting dalam upaya meningkatkan aktivitas perdagangan,” jelas Menteri Perdagangan Rachmat Gobel dalam sambutannya pada penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kemendag dengan PT. Garuda Indonesia, di Gedung Kemendag Jakarta, Kamis (2/6).

Kerja sama ini ditandantangani oleh Sekretaris Jenderal Kemendag Gunaryo dan Direktur Utama Garuda Indonesia, M. Arif Wibowo, serta disaksikan oleh Mendag Rachmat Gobel. Ruang lingkup kerja sama cukup komprehensif meliputi pemanfaatan jasa angkutan udara nasional guna meningkatkan perdagangan, pelaksanaan tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan
Kementerian Perdagangan, dan pemberian dukungan pada program dan kegiatan yang dilakukan oleh kedua belah pihak.

Rachmat menuturkan kerja sama seperti ini bertujuan untuk meningkatkan perdagangan dan promosi kedua belah pihak, sekaligus menjadi instrumen pengawasan internal terhadap penggunaan APBN, khususnya pada perjalanan dinas pegawai dan pengiriman barang melalui kargo.

“Melalui pengawasan internal diharapkan akan terwujud tata kelola pemerintahan yang baik di lingkungan Kemendag. Pemanfaatan anggaran untuk jasa angkutan udara yang dipergunakan untuk mendukung aktivitas Kementerian dakan menjadi efektif dan efisien. Kerja sama ini juga sangat mendukung upaya mengingkatkan ekspor 300% dan menwujudkan Nawacita,” tegas Rachmat.

Sementara itu, Direktur Utama Garuda Indonesia M. Arif Wibowo mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan wujud komitmen Garuda sebagai maskapai pembawa bendera bangsa untuk senantiasa mendukung program Pemerintah. “Dengan kesamaan misi Garuda dan Kemendag, kerja sama ini diharapkan dapat turut memajukan perekonomian Indonesia,” tegas Arif Wibowo.

Sekretaris Jenderal Kemendag Gunaryo berharap penandatanganan ini dapat memperkuat roda perdagangan nasional. “Pemerintah memiliki komitmen besar untuk secara bersama-sama dengan mitra strategis dapat mengimplementasikan butir-butir cakupan kerja sama sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing institusi, sehingga mampu meningkatkan perdagangan nasional yang berdaya saing dan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik,” kata Gunaryo.

Selain penandatanganan nota kesepahaman, pada waktu yang bersamaan juga dilakukan penandatanganan dua perjanjian kerja sama yang memuat ketentuan teknis dari kerja sama pemanfaatan angkutan udara untuk penumpang dan kargo oleh para Pejabat Kemendag, masing-masing para Sekretaris Direktorat Jenderal/Badan/Itjen dan Kepala Biro Umum dengan Vice President Garuda Indonesia Region Jakarta Raya Dony Widojoko dan Vice President Garuda Cargo, Sudarmadi.

(lina/sir)