Friday, 18 October 2019

8 Wanita Hamil di Sukabumi Terkena HIV/AIDS

Minggu, 5 Juli 2015 — 16:33 WIB

SUKABUMI (Pos Kota) – Delapan wanita hamil di Kota Sukabumi terinfeksi HIV/AIDS. Jumlah ini berdasarkan pendataan Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Sukabumi mulai Januari hingga Juni.

Hasil pendatana itu menunjukkan ada 69 orang mengidap HIV/AIDS. Dari jumlah itu, 38 orang berasal dari Kota Sukabumi dan sisanya dari luar Sukabumi. Ditilik dari rentang usia yang paling banyak berada pada kisaran 25 tahun hingga 49 tahun.

“Dari 68 kasus HIV/AIDS baru tersebut sebanyak 34 orang di antaranya adalah ibu rumah tangga (IRT) dan delapan orang tengah hamil. Selain itu ada dua orang balita yang positif HIV,” kata Ketua KPA Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Minggu (5/7).

Total kasus HIV/AIDS, lanjut Wakil Walikota Sukabumi ini, hasil temuan dan laporan yang diterima KPA dari semua layanan rumah sakit. Menurutnya, temuan kasus anyar ini cukup mengkhawatirkan. Maka itu, dibutuhkan adanya upaya penanganan serta perhatian dari semua pihak terkait.

Sementara itu, data Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Sukabumi, mencatat kasus temuan HIV/AIDS, pada 2014 secara keseluruhan sebanyak 101 orang dengan pengelompokan 49 asal Kota Sukabumi dan 52 orang dari luar Kota Sukabumi. (sule)