Wednesday, 13 November 2019

Sembilan Bus di Terminal Tanjung Priok Tidak Laik Jalan

Kamis, 9 Juli 2015 — 18:25 WIB
Petugas sedang memeriksa terhadap kelaikan bus yang melayani arus balik di Terminal Tanjung Priok. (wandi)

Petugas sedang memeriksa terhadap kelaikan bus yang melayani arus balik di Terminal Tanjung Priok. (wandi)

TANJUNG PRIOK (Pos Kota) – Sembilan bus yang melayani pemudik tak lulus uji kelaikan jalan. Ini diketahui setelah pihak Dinas Perhubungan, DKI Jakarta Utara memeriksa bus yang ada di Terminal Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (9/7).

Akibatnya, bus  tersebut tidak diperkenankan berangkat sampai diperbaiki kerusakan dan memenuhi standart kelaikan jalan. Hasil pengecekan, yang rusak antara lain kaca utama retak, baut ban belakang patah dan ban belakang vulkanisir.

Kepala Terminal Tanjung Priok, Mulyono Alfred  semenjak H-10 pihaknya akan melakukan uji kelayakkan kendaraan. “Ini memang perlu kita lakukan demi keselamatan penumpang yang hendak mudik. Yang diuji itu diantaranya keadaan ban, mesin, sein, wiper dan perangkat bus lainnya. Kendaraan yang terbukti tidak layak itu akan mendapat sanksi,” ujar Mulynono Alfetd, Kamis (9/7).

Kepala Seksi Angkuntan Darat Sudin Perhubungan dan Transportasi Jakarta Utara, Zendri mengatakan, setiap kendaraan yang akan melayani penumpang harus lulus tes. Jika yang tidak lulus uji kelayakan tidak diperkenankan berangkat hingga memperbaiki kerusakan.

“Selain diuji kelayakan,  sopir pun dites urine untuk mengetahui apakah yag bersangkutan dalam keadaan tidak terganggu kesadarannya akibat alkohol maupun narkoba, ”terangnya.

Maka dari itu pihaknya berharap kendaraan yang melayani penumpang arus mudik itu harus laik. Selain itu pengemudinya juga harus prima, jika ini tidak memenuhi ya terpaksa keberangkatannya bus tersebut ditunda hingga memenuhi kelaikan. (wandi)

Terbaru

2019-11-13 06.51.05
Rabu, 13/11/2019 — 6:39 WIB
Seniman Djaduk Ferianto Meninggal Dunia
Petugas di Posko Siaga Bencana di kantor Kecamatan Kembangan, Jakbar. (Rachmi)
Rabu, 13/11/2019 — 6:12 WIB
Kembangan Siapkan Posko Siaga Bencana