Wednesday, 23 October 2019

Jalur Selatan Macet Parah, Polisi Harus Bekerja Keras

Senin, 20 Juli 2015 — 6:52 WIB
Macet di Nagreg (tmc)

Macet di Nagreg (tmc)

JAKARTA (POs Kota)- Pemudik sudah mulai kembali dari kampung halamannya  menuju Jakarta dan sekitarnya, sejak Minggu malam hingga Senin pagi ini. Beberapa ruas jalan tampak macet. Namun yang paling parah terjadi di Jalur Selatan, Jawa Barat.

Pasalnya, selain kendaraan pemudik yang akan balik ke Jakarta dan Bandung, masih ada warga yang ingin berlibur ke daerah wisata seperti Pangandaran di Ciamis, Jawa Barat. Akibatnya terjadi macet total.

Sejak dinihari tadi kendaraan nyaris tidak bergerak. Dari dan ke arah Nagreg ribuan kendaraan merayap. Tampak dari Limbangan ke Tasikmalaya juga macet. Tidak haynya itu, Jalur Garut Kota ke arah Nagreg sudah ikut tersendat.

Polisi harus bekerja keras mengurai kemacetan. Tampak mereka tidak kenal lelah. Berbagai cara dilakukan untuk mengurai kemacetan termasuk sistem buka tutup.

Tidak hanya di Jalur Selatan. Beberapa ruas tol juga mulai macet. Tampak di Tol Cikopo ribuan mobil mulai mengalir ke arah barat, demikian juga dari arah Sadang, Purwakarta. Akibatnya Gerbang Tol Utama Cikarang mulai merayap.

Selain itu jalur wisata Puncak juga hingga pagi ini masih terpantau padat. Arus lalulintas dari Cianjur harus merayap perlahan. Banyak di antara mereka mematikan mesin mobil dan keluar sambil menghirup udara pagi yang bercampur asap mobil.

Sebagian warga memang mulai hari ini sudah mulai bekerja. Ini yang diperkiakan penyebab arus lalulintas macet. Meski demikian masih terkendali aman. (B)