Wednesday, 20 November 2019

Koperasi Diperkuat agar Sejajar dengan BUMN

Selasa, 21 Juli 2015 — 6:35 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Agar bisa menjadi sokoguru ekonomi nasional, kualitas koperasi perlu diperkuat. Sehingga bisa sejajar dengan swasta dan badan usaha milik negara (BUMN).

“Kalau sudah sejajar, koperasi bisa berperan terhadap ekonomi nasional lebih besar seperti pelaku usaha lainnya,” kata Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah (AAGN) Puspayoga, Senin (20/7).

Misalnya BUMN diperlukan untuk stabilisasi. Swasta untuk pertumbuhan ekonomi. Sedangkan peran dan fungsi koperasi sebagai distribusi pemerataan kesejahteraan masyarakat.

“Itulah tiga pilar ekonomi ideal untuk Indonesia ke depan,” jelasnya.

Karena itu, mantan Wagub Bali ini mengemukakan tugas kementeriannya adalah memperkuat kelembagaan koperasi di seluruh Indonesia, terutama menyangkut manajerial koperasi dan akses pembiayaan.

“Kita harus mengembangkan koperasi yang bagus-bagus dan harus tegas mengeluarkan koperasi yang jelek dari database koperasi nasional,” tandasnya.

Soal kualitas koperasi, menteri mengaku saat ini koperasi yang masuk kelas dunia sudah bertambah. Sebelumnya Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG), kini ada Koperasi Telkom yang masuk di urutan 128 diantara 300 koperasi kelas dunia di seluruh dunia.

“Saya yakin ke depan akan ada lagi koperasi kita yang masuk di jajaran itu. Misalnya, Kospin Jasa Pekalongan, yang CSR-nya saja sudah mampu membangun rumahsakit mewah,” ujar Puspayoga. (setiawan)