Thursday, 05 December 2019

Ribuan Pekerja Harian Lepas Dinas Kebersihan Didata Ulang

Selasa, 21 Juli 2015 — 9:30 WIB
Jumlah PHL untuk Dinas Kebersihan DKI akan didata ulang

Jumlah PHL untuk Dinas Kebersihan DKI akan didata ulang

JAKARTA (Pos Kota) – Ribuan pekerja harian  lepas (PHL) Dinas Kebersihan DKI Jakarta bakal diverifikasi ulang. Hal ini dilakukan sebagai upaya antisipasi adanya petugas kebersihan yang fiktif.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, mengungkapkan langkah ini sekaligus untuk memastikan bahwa pemberian honor bagi mereka tepat sasaran. “Setiap PHL ini kan mendapat gaji Rp2,7 juta perbulan. Jangan sampai yang memang bukan PHL menerima juga. Karena itu kita data ulang,” ujar Isnawa, Senin (20/7).

Adapun verifikasi ulang dilakukan terhadap 13.064 PHL. Mulai dari pencocokan KTP, sidik jari, hingga diambil fotonya.

Mereka juga dikonfirmasi mengenai lokasi kerjanya. Verifikasi tidak hanya kepada PHL di bawah kendali UPT Badan Air, namun juga terhadap PHL darat yang bertugas menyapu jalan. Setiap PHL dibayar Rp2,7 per bulan sesuai UMP DKI.”Verifikasi ini untuk mengetahui apakah ada PHL yang pindah atau keluar. Kemudian untuk mengecek apakah data PHL itu valid atau tidak,” ujar Isnawa Adji.

Verifikasi data PHL ini dilakukan secara bertahap. Untuk sementara, PHL yang diverifikasi dari wilayah Jakarta Timur.  Dari data ini masing-masing PHL dapat dideteksi bekerja di bagian mana dan wilayah mana. “Misalnya di ruas aliran KBT ada 70 PHL. Kita cek, benar atau tidak. Takutnya hanya namanya saja, namun orangnya tidak ada. Kalau sampai ditemukan data fiktif akan kita pecat penanggungjawabnya dan dipidanakan,” ungkapnya.(guruh)