Monday, 14 October 2019

Hari Pertama Kerja, Banyak PNS Jombang Bolos Kerja

Rabu, 22 Juli 2015 — 12:41 WIB
Foto-Ilustrasi.

Foto-Ilustrasi.

SURABAYA (Pos Kota)- Meski sudah menjalani libur lebaran selama enam hari, namun masih banyak PNS (Pegawai Negeri Sipil) di Jombang yang bolos saat hari pertama masuk kerja, Rabu (22/7). Hal itu diketahui saat digelarnya apel pagi di lapangan pemkab setempat. Apel pagi itu dipimpin secara langsung oleh Bupati Jombang Nyono Suharli Wihandoko.

“Jumlah PNS di Jombang sebanyak 12 ribu orang. Namun yang hadir dalam apel pagi ini hanya sekitar 8 ribu orang. Jadi ada sekitar 30 persen PNS yang mangkir dalam apel pagi,” ujar Nyono menjelaskan.

Apa sanksi bagi PNS mangkir itu? Nyono mengungkapkan, pihaknya akan menjatuhkan sanksi berat jika ketidak hadiran sebagian bawahanya itu dilakukan dengan kesengajaan. “Jika ada unsur kesengajaan, kita beri sanksi berat,” tambahnya.

Nyono yakin, selain memang bolos kerja, dari 30 persen PNS yang mangkir dalam apel pagi itu ada yang benar-benar berhalangan. Ada pula yang terlambat datang. Nah, untuk memastikannya, bupati bakal melakukan evaluasi kehadiran melalui seluruh asisten dibidangnya masing-masing.

Usai apel pagi, ribuan PNS Pemkab Jombang ini menggelar hal bihalal. Mereka saling bersalaman guna meminta maaf. Tidak lupa, mereka juga berebut salaman dengan bupati guna menghaturkan permohonan maaf. Selama lebaran, PNS di lingkup Pemkab Jombang libur enam hari, yakni 16 – 21 Juli 2015. Hari ini mereka kembali masuk seperti hari-hari biasa.

(nurqomar/sir)