Friday, 22 November 2019

Bareskrim Polri Telusuri Jejak Rekam 48 Calon Komisioner KPK

Selasa, 11 Agustus 2015 — 18:05 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Bareskrim Mabes Polri merampungkan telusuri rekam jejak 48 calon komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasil penelusuran itu diserahkan ke Panitia Seleksi Calon Pimpinan KPK (Pansel KPK), Selasa (11/8).

Kabareskrim Mabes Polri, Komjen Budi Waseso, mengatakan, pihaknya sudah menyerahkan tugas dari Pansel terkait penelusuran 48 Capim KPK. “Penelusuran 48 capim KPK sudah kita lakukan untuk pertimbangan Pansel,” ujarnya kepada wartawan.

Dalam konferensi pers tersebut, hadir pula Ketua Pansel KPK Destri Damayanti, wakilnya Enny Nurbaningsih dan salah satu anggotanya, Yenti Ganarsih.

Penelusuran rekam jejak 48 Capim KPK itu, menurut Budi, berdasarkan koordinasi tim Bareskrim dengan sejumlah satuan di Polri, mulai dari Reskrim, Intelijen hingga Propam Polri.

Jika ada catatan khusus bagi seorang calon, Budi memastikan hal itu benar-benar terjadi dan tercatat di Polri, bukan sekedar isu atau informasi yang simpang siur.

Pria yang populer disapa Buwas itu menolak mengungkap hasil penelusuran, termasuk apa ada capim KPK yang terbelit persoalan hukum di masa sebelumnya atau tidak. Menurut dia, hal itu merupakan rahasia negara dan hanya untuk kepentingan Pansel KPK.

Dalam kesempatan yang sama, Yenti menambahkan, pihaknya akan menyatukan hasil penelusuran Bareskrim itu dengan hasil penelusuran lembaga penegak hukum lain.

Pansel ingin memastikan 48 capim KPK benar-benar tidak tersangkut persoalan hukum sehingga nantinya mengganggu kerja KPK.”Kita akan pertimbangkan betul agar nanti tak ada kemungkinan kriminalisasi,” kata Yenti. (adji/d)