Tuesday, 10 December 2019

Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Mega Hadir SBY Mangkir

Senin, 17 Agustus 2015 — 13:09 WIB
Presiden Jokowi menyerahkan bendera Merah Putih untuk dikibarkan pada perayaan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Senin (17/8) (toga)

Presiden Jokowi menyerahkan bendera Merah Putih untuk dikibarkan pada perayaan Detik-detik Proklamasi di Istana Merdeka, Senin (17/8) (toga)

JAKARTA (Pos Kota)- Untuk pertama sejak menjadi Presiden, Joko Widodo menjadi Inspektur Upacara HUT ke-70 Kemerdekaan RI, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8).

Dalam Peringatan detik-detik Proklamasi  yang dimulai pukul 10.00 WIB ini, pembaca teks naskah Proklamasi adalah Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Setya Novanto. Bertindak sebagai pemimpin upacara adalah Kolonel TNI AD Umar Farouk.

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) adalah 68 siswa dan siswi kelas XI SLTA/sederajat perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia. Anggota Paskibraka itu dibagi menjadi dua kelompok, yakni Kelompok Nakula dan Kelompok Sadewa.

Kelompok Sadewa mengibarkan bendera pusaka pada pagi hari dan Kelompok Nakula akan bertugas dalam upacara penurunan bendera pusaka pada sore harinya.

Dalam acara peringatan detik-detik Proklamasi tersebut juga dihadiri, Ibu Negara Ny. Iriana Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Ibu Mufida Kalla.

Tamu lainnya, para pimpinan lembaga tinggi negara, Ketua MPR Zulkfili Hassan, Ketua DPD Irman Gusman dan lainnya, hadir juga para duta besar, para menteri Kabinet Kerja.

Selain itu, hadir pula, mantan Presiden Megawati, Wakil Presiden Tri Sutrisno dan juga Hamzah Haz. Sedangkan mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tidak hadir. (Johara)