Monday, 21 October 2019

25 Produk Jamu Kuat Dibredel, Sekjen GP Jamu Minta Masyarakat Tenang

Selasa, 25 Agustus 2015 — 20:46 WIB
Badan POM - Sekjen GP Jamu

JAKARTA (Pos Kota) – Hasil pengawasan Badan POM (Pengawasan Obat dan Makanan) terbaru menemukan 50 jenis produk obat tradisional dan suplemen kesehatan stamina pria mengandung bahan kimia obat (BKO), dimana 25 jenis diantaranya merupakan produk obat tradisional yang tidak memiliki izin edar.

“BKO untuk meningkatkan stamina pria yang ditambahkan dalam obat tradisional, didominasi oleh sildenafil dan turunannya, biasanya masyarakat awam mengenal BKO ini dengan nama Viagra, demikian disampaikan Kepala Badan POM, Roy Sparringa dalam konferensi pers, di Badan POM, kemarin.

Dijelaskan, penggunaan sidenafil dan turunannya harus di bawah pengawasan dokter. Sebab, bila penggunaannya tidak tepat dapat menimbulkan efek bahaya seperti kehilangan penglihatan dan pendengaran, stroke, serangan jantung, bahkan kematian”, katanya, setelah memaparkan hasil temuan lembaganya dari bulan November 2014 hingga Agustus 2015 itu.

Dari hasil temuan tersebut, sebanyak 25 jenis produk yang terdaftar di Badan POM telah dibatalkan nomor izin edarnya. Selama dua tahun terakhir, 16 kasus peredaran OT mengandung BKO berhasil diungkap dan telah diajukan ke pengadilan.

“Bila terdapat cukup bukti maka akan dilanjutkan ke proses hukum”, jelas Roy lebih lanjut.

MASYARAKAT TENANG

Sementara itu, Sekjen Gabungan Pengusaha Jamu Indonesia, DR. H. Masyahari SE MM mengakui, sebagian dari merk jamu kuat yang dilarang itu diproduk perusahaan yang jadi anggotanya. “Tapi saya yakin, yang dari anggota saya tidak ada unsur kesengajaan, “ tegasnya.

“Mereka menggunakan bahan baku impor yang legal, namun ketika diolah ditemukan itu ada zat turunannya, “ jelasnya. Ditambahkan, di pasaran masih banyak produk jamu kuat yang aman.

H. Masyhari, yang juga pengusaha jamu yang memproduksi Soe Wee menyatakan, produknya tidak termasuk dalam daftar yang dilarang. “Dari dulu produk saya menggunakan bahan alami Indonesia, tidak mengandung semili kimia pun, “ tegasnya. – dms.

Terbaru

Ilustrasi
Senin, 21/10/2019 — 9:24 WIB
Korsleting Listrik, Kantor Berlantai Dua Terbakar
Kasatpol PP Jakarta Selatan Ujang Hermawan.  (wandi)
Senin, 21/10/2019 — 8:55 WIB
Soal Panti Pijat Plus-Plus, Satpol PP Siap Sidak
Ilustrasi
Senin, 21/10/2019 — 8:45 WIB
Putus Sudah Urat Malunya
Joko Widodo mengucapkan sumpah jabatan saat pelantikannya sebagai Presiden RI periode 2019-2024. (timyadi)
Senin, 21/10/2019 — 8:17 WIB
Jangan Asal Pilih Menteri