Tuesday, 22 October 2019

Satu Capim KPK Terjerat Kasus Pidana

Jumat, 28 Agustus 2015 — 21:49 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengaku sudah mendapatkan informasi tentang adanya satu dari 19 Capim KPK terjerat kasus pidana di Bareskrim Mabes Polri. Pansel pun memastikan tidak akan meloloskan capim tersebut.

“Kami sudah mengumumkan 19 nama, hasil trackingnya kemudian menunjukan nama ini ada informasi yang bersangkutan diduga terlibat di dalam… Hmmm.. Ada kasus lah. Baru kemudian kami gugurkan,” kata Juru Bicara Pansel Capim KPK, Betti S. Alisjahbana, saat dihubungi, Jumat (28/8) sore.

Menurut Betti, Capim tersebut juga sempat mengikuti seleksi wawancara pada Senin (24/8) hingga Rabu (26/8). Namun, dia tetap merahasiakan nama dan perkara yang bersangkutan dengan alasan bukan kewenangannya.

“Nanti saja tunggu pengumuman resmi dari Bareskrim langsung ya,” ucapnya.

Terlepas dari penetapan tersangka kepada satu Capim KPK oleh Bareskrim, Betti menambahkan, pihaknya sudah menyeleksi delapan dari 19 nama Capim KPK. Rencananya, nama-nama tersebut akan diserahkan ke Presiden Joko Widodo sebagai laporan hasil seleksi, Rabu (2/9).

Selanjutnya delapan nama itu akan kembali disaring menjadi lima pimpinan KPK melalui uji kepatutan dan kelayakan di DPR RI. “Kami sudah memilih delapan nama yang layak jadi pimpinan KPK. Rencananya delapan nama ini kami serahkan ke Presiden pada 2 September 2015,” imbuhnya. (yulian)