Tuesday, 22 October 2019

53 Warga Tiongkok Dirazia dari Apartemen Medeterania

Kamis, 17 September 2015 — 21:12 WIB

JAKARTA (Pos Kota) – Sebanyak 53 warga negara Tiongkok, ditangkap oleh petugas Kantor Imigrasi (Kanim) Jakarta Barat , di Apartemen Medeterania, Jalan Gadjah Mada, Jakarta Barat. Meraka dirazia, karena tidak memiliki dokumen keimigrasian,

“Mereka kini tengah diperiksa secara intensif oleh petugas Kanim Jakarta Barat,” kata Kepala Kanim Jakbar Pondag Tambunan kepada Pos Kota, Kamis (17/9) malam.

Menurut dia, terhadap WNA yang tidak dapat menunjukan dokumen keimigrasian yang sah, maka dapat dikenakan tindakan hukum, mulai deportasi (pengusiran) hingga pemidanaan.

“Seperti contohnya, empat WNA lainnya hasil operasi sebelumnya, tengah kita tangani dan selanjutnya diambil langkah hukum, sesuai ketentuan perundangan yang berlaku.”

Dari hasil sementara pemeriksaan, diketahui mereka sudah lama tinggal di Indonesia, tetapi tidak disertai kartu ijin tinggal atau dokumen keimigrasian lainnya. Padahal, mereka banyak yang berusaha dan berdagang di kawasan Mangga Besar, Roxy, Jakarta Kota dan tempat-tempat lainnya.

Padahal sesuai UU Imigrasi Nomor 6 tahun 2011, setiap warga negara asing yang tinggal di Indonesia dan kerja harus disertai sponsor serta memiliki ijin kerja dari Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. Lalu, memiliki surat ijin tinggal sementara dan atau surat tinggal tetap. (ahi)