Monday, 21 October 2019

Sudah 717 Orang Meninggal

Info Banyak Jamaah Indonesia Jadi Korban Peristiwa Mina Menyesatkan

Kamis, 24 September 2015 — 19:38 WIB
Korban Mina terus dievakuasi dan rumah sakit kewalahan menerima korban Mina (reuters)

Korban Mina terus dievakuasi dan rumah sakit kewalahan menerima korban Mina (reuters)

MEKKAH- Jumlah korban meninggal akibat tragedi Mina terus bertambah. Data terakhir dari  twitter Direktorat Jenderal Pertahanan Sipil arab Saudi sudah 717 orang meninggal.

Ambulan tampak terus hilir mudik membawa korban luka dan tewas. Puluhan rumah sakit yang ada di Mekkah terus dipadati korban yang meinggal dan luka-luka akibat berdesak-desakan ketika akan melempar jumrah, pagi hari waktu Arab Saudi.

Soal korban dari jamaah Indonesia masih simpang siur. Data yang banyak beredar baru satu yang diketahui, namun data lain menyebutkan ada 52 orang lebih yangt wafat.

Bahkan beredar nama-nama korban termasuk kloternya. Namun data itu tidak bisa dipertanggungjawabkana karena masih perlu dikonfirmasi.

Kepala Daker Makkah Arsyad Hidayat memastikan bahwa informasi yang berkembang melalui pesan berantai yang menyebutkan angka korban mencapai 52 orang berikut daftar namanya adalah tidak benar dan tidak valid.

“Mohon agar informasi terkait pemberitaan tersebut segera ditarik dan tidak disebarluaskan” tegas Arsyad, Kamis (24/09).

Selain itu, ada juga informasi yang menyebutkan korban hingga mencapai angka 39 orang. Itupun dipastikan Arsyad sebagai informasi yang tidak benar dan menyesatkan. “Mohon kerjasama seluruh media untuk tidak memberitakan hal tersebut.  Update  informasi terkait Peristiwa Mina, silahkan komunikasikan dengan  media center haji,” jelasnya.

Sehubungan dengan peristiwa Mina yang menimpa jamaah haji yang akan melakukan Jumrah Aqabah, Kamis (24/09) pagi tadi, beredar kabar bahwa menyebut korban dari jamaah haji Indonesia mencapai puluhan. Informasi tersebut bahkan disertai dengan daftar nama jamaah yang setelah ditelusuri ternyata tidak valid. kemenag/(b)