Friday, 15 November 2019

Mascherano Didakwa Tak Bayar Pajak di Spanyol

Rabu, 30 September 2015 — 0:15 WIB
Javier Mascherano (reuters)

Javier Mascherano (reuters)

MADRID- Pemain tengah Barcelona, Javier Mascherano, hampir dapat dipastikan menghadapi dakwaan penggelapan pajak di Spanyol.

Meski demikian masih harus diputuskan oleh hakim apakah kasus ini  diajukan ke pengadilan atau tidak, kata kantor berita Press Association, hari Selasa (29/09).

Mantan pemain West Ham United dan Liverpool ini diduga menyembunyikan pendapatan dari penjualan foto antara 2011 hingga 2012 yang diperkirakan mencapai 1,5 juta euro dengan mengalihkan penerimaan tersebut ke perusahaan yang didirikan di Amerika Serikat dan Portugal.

Berdasarkan undang-undang Spanyol, pemain dibolehkan memindahtangankan hingga 15% hak penjualan foto ke perusahaan.

Aparat Spanyol mengklaim Mascherano tidak membayar pajak atas penjualan foto ini meski ia telah menetap di negara tersebut.

Pemain asal Argentina ini belum secara terbuka menjelaskan kasus ini, namun dilaporkan telah melunasi semua tunggakan pajak ditambah bunga senilai 200.000 euro bulan ini.

Mascherano bukan satu-satunya pemain Barcelona yang dikenai tuduhan menghindar membayar pajak.

Sebelumnya Lionel Messi, bersama ayahnya Jorge Horacio Messi, diadili dalam kasus serupa.

Keduanya didakwa menunggak pajak sebesar 4,1 juta euro atas penerimaan penjualan foto antara 2007 hingga 2009.Baik Messi maupun ayahnya sama-sama menolak dakwaan tersebut. (BBC)